10 Tokoh Inspirasi Bisnis dalam Industri Kecil

By on February 27, 2013

Membangun industri kecil bukan hal yang mudah. Perlu kerja keras dan kesungguhan dalam membangunnya. Namun ketika buah manis kesuksesan itu telah Kita raih, rasanya semua pengorbanan yang dilakukan dapat terbayar lunas. Tidak ada orang yang langsung begitu saja mendapatkan kesuksesan. Kalaupun ada, ketika jatuh maka akan sulit untuk bangkit. Kesuksesan memang mahal harganya. Setidaknya begitulah kata yang sering Kita dengar. Banyak tokoh inspiratif yang dapat dijadikan cermin. Berikut 10 Tokoh inspiratif maupun inspirasi bisnis termasuk industri kecil yang patut dijadikan contoh.

  1. Aburizal Bakrie
    Siapa yang tidak mengenal tokoh inspiratif yang satu ini. Ical dan keluarga yang dikenal sebagai pemilik Bakrie & Brothers ini mempunyai prinsip bahwa setiap sen yang dihasilkan dari usahanya haruslah berguna untuk masyarakat. Ical saat ini dikenal sebagai salah satu pemegang saham Grup Bakrie. Selain itu untuk bisa sukses mereka memegang prinsip profesional dan yang pasti yang harus diterapkan juga adalah nasionalistik.
  2. Chairul Tanjung
    Baginya dalam mencari uang tidak perlu merusak tapi membangun. Dengan prinsip seperti inilah Chairul Tanjung berhasil mengembangkan bisnisnya di bidang perbankan (Bank Mega) dan juga pertelevisian (Trans TV dan Trans 7).
  3. William Wongso
    Pemilik nama lengkap William Wirjaatmadja Wongso ini Kita kenal sebagai tokoh inspirasi dalam dunia kuliner. Siapa sangka tokoh yang mengawali karirnya di dunia film dan fotografi ternyata sukses di dunia kuliner. Berkat keahlian masak sang ayah akhirnya menumbuhkan kecintaan terhadap dunia kuliner. Keahlian memasak Wongso tidak didapatkan dari pendidikan formal yang sengaja ditempuh, melainkan dari belajar langsung kepada pemilik-pemilik warung yang ada di pinggir jalan bahkan belajar pada penyaji makanan yang ada di restoran dan juga hotel-hotel berbintang.
  4. Santosa Doellah
    Tokoh inspiratif yang satu ini memiliki kecintaan yang luar biasa terhadap batik. Usaha batik tersebut sudah ditekuni sejak tahun 1967. Usaha batik ini dimulai dari batik tangan dan juga batik tulis. Namun seiring perkembangan usaha, batik tersebut berkembang menjadi batik cap. Pada tahun 1968 batik tersebut diberi nama “Danar Hadi’.
  5. Sandra Natalia
    Perempuan yang satu ini bergelut dibidang kecantikan. Berangkat dari kesenangan dan hobinya mengoleksi pewarna kuku dengan berbagai merek sejak kecil, ia kini telah memiliki  salon kecantikan yang khusus untuk merawat kuku-kuku tangan dan kaki. Usahanya yang dilakoni bernama Blossomnails.
  6. Yoris Sebastian
    Pebisnis yang satu ini usianya masih sangat muda. Di usianya yang 38 tahun, sudah pernah menyandang gelar sebagai GM Hard Rock Cafe termuda di kawasan Asia dan termuda kedua di dunia.
  7. Hidayat
    Tokoh inspiratif yang satu ini berhasil mengubah sampah yang awalnya tidak memiliki nilai guna menjadi sangat berguna dengan menghasilkan produk-produk yang siap pakai. Produk ini diantaranya pupuk organik dan juga biomassa. Melalui PT. Mitratani Mandiri Perdana atau Mittran  Hidayat mulai mengembangkan bisnisnya.
  8. Jusuf Kalla
    Politikus yang satu ini ternyata juga lihai dalam berbisnis. Usaha warisan keluarga yang diteruskannya ini pada awalnya bergerak di bidang tekstil hingga  berkembang seperti sekarang ini. Usaha keluarga Kalla dikenal dengan NV Hadji Kalla Trading Company.
  9.  Alim Markus
    Tokoh yang satu ini Kita kenal melalui industri manufaktur bidang peralatan rumah tangga (Maspion).
  10. Rosidah W. Utami
    Siapa bilang wanita tidak dapat berkarya? Inilah yang coba dibuktikan oleh Rosidah W. Utami yang memulai industri kecil di bidang kuliner dengan menawarkan kue donat dari kampung ke kampung. Dimulai dari bisnis kecil-kecilan dan kini berkembang pesat. Donat Kampung Utami yang digelutinya saat ini sudah dikenal banyak orang.  (Hikari Chan/inloveindonesia.com)