5 Candi Menawan di Yogyakarta yang harus Dikunjungi

By on March 21, 2014

Siapa saja pasti mengenal Yogyakarta sebagai daerah yang kental akan sejarah dan budayanya, tak terkecuali dengan bukti-bukti sejarah seperti Candi. Bagi ana para pecinta wisata sejarah, pastikan anda mengunjungi 5 candi eksotis yang berada di Area Yogyakarta, berikut ulasannya:

1.      Candi Prambanan

prambanan

Siapa yang tak mengenal Candi Prambanan, Candi yang terletak di dua wilayah yaitu Klaten Jawa Tengah dan Yogyakarta, lebih tepatnya Jalan Raya Jogja-Solo km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta ini terkenal dengan julukan “Candi Hindu tercantik di Dunia”. Bangunan ini dibangun pada abad ke-10 pada masa pemerinatahn Raja Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.

Ada legenda yang terkenal tentang Candi Prambanan, yaitu legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Makanya candi ini sering juga dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang.

2.      Candi Ratu Boko

ratu boko

Candi yang terkenal dengan eksotis sunsetnya ini terletak di kecamatan Bokoharjo, kabupaten Sleman dan luasnya mencapai 16 Ha. Letaknya hanya beberapa menit ke arah selatan Candi Prambanan melewati pasar Prambanan menuju Piyungan.

Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Karena itu sebagian  orang menganggap Candi ini lebih tepat disebut sebagai Istana/Keraton Ratu Boko.

Nama “Ratu Boko” berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Boko (raja bangau) adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada komplek Candi Prambanan.

3.      Candi Ijo

candi-ijo

Candi Ijo adalah salah satu situs sejarah yang terletak di Yogyakarta, tepatnya di Bukit Ijo di dekat Candi Prambanan. Bukit Ijo sendiri merupakan bukit tertinggi yang terletak di wilayah Kecamatan Prambanan. Tinggi Bukit Ijo mencapai 410 meter di atas permukaan laut. Candi ini merupakan sebuah kompleks candi Hindu yang terletak 18 km di sebelah timur kota Yogyakarta Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan yang berjarak sekitar 4 km dari Candi Ratu Boko.

4.      Candi Sambi Sari

sambisari

Candi yang ditemukan pada tahun 1966 ini terletak di Desa Porwomartani Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi Sambi Sari merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung di zaman Kerajaan Mataram Kuno. Posisi Candi Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah, menurut para arkeolog, kemungkinan besar ini terjadi karena tertimbun lahar dari Gunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11. Para arkeolog memerlukan waktu selama 21 tahun untuk menggali dan merangkai candi ini sehingga menjadi Candi Sambi Sari seperti sekarang ini.

 5.      Candi Plaosan

plaosan

Candi yang satu ini berlokasi di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Jawa Tengah, sekitar 1 km sebelah utara Candi Prambanan. Candi Plaosan dikenal juga dengan nama Candi Kembar karena terlihat sama atau kembar jika dilihat dari jauh. Dua bagian itu adalah Candi Plaosan Lod dan Kidul, Kedua candi ini sama-sama memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya.