Adam Khoo, Kisah Inspiratif Seorang Miliyarder

By on September 19, 2015

Adam Khoo

Pernah berpikir jika anda merasa diri anda tidak pandai sehingga tidak ada harapan untuk sukses? Maka saatnya anda membaca sebuah kisah inspirasi dari Adam Khoo. Dialah seorang miliyarder  Singapura sukses yang dulunya hanya seorang di cap memiliki keterbelakangan karena dianggap tidak mampu untuk memahami materi pelajaran. Kisahnya sangat menginspirasi bagi anda yang sedang butuh motivasi untuk sukses. Dalam perjalanan hidupnya, Adam Khoo meyakinkan bahwa Tuhan menciptakan manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika ada yang berpikir ia tidak akan pernah sukses karena kekurangannya, maka berarti mereka belum mencari tahu potensi dan kelebihan dalam dirinya. Karena setiap orang dikaruniai kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan potensi yang berbeda-beda tentunya.

Adam Khoo

Adam Khoo, pada umur 12 tahun ia dicap sebagai anak yang bodoh dan terbelakang, bahkan terlihat tidak ada harapan. Tapi kenapa ia berumur 26 tahun, ia sudah memiliki bisinis yang beromzet hingga US$20Juta.

Saat SD ia dikenal sebagai anak yang tidak suka membaca. Ia sangat pemalas sehingga ia selalu mendapatt nilai F di sekolah. Saat kelas 3 SD, ia terpaksa dikeluarkan dari sekolah. Saat akan masuk SMP, ia ditolak sedikitnya oleh 6 sekolah, hingga akhirnya ia masuk ke sebuah sekolah terjelek di Singapura. Tak sampai disitu, di sekolah barunya, bahkan ia masuk dalam jajaran anak-anak terbodoh. Akhirnya orang tua Adam Khoo mengirimnya ke tempat Les privat, namun tetap tidak ada hasilnya.

Adam Khoo

Sumber : hastc.org.vn

Hingga saat ia berumur 13 tahun,  Adam Khoo dikirim ke Super-Teen Program yang diajari oleh Ernest Wong, yang disana menggunakan teknologi Accelerated Learning, Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Whole Brain Learning. Sejak saat itu, sedikit demi sedikit kepercayaan diri dan keyakinan Adam Khoo mulai berubah. Ia memiliki motivasi yang sangat kuat jika dirinya pasti yakin bahwa dia bisa sukses.

Ada sebuah kalimat yang sangat memotivasi dirinya, “Bahwa semua orang bisa menjadi genius dan menjadi pemimpin walaupun awalnya tidak pandai sekalipun. Satu-satunya hal yang bisa menghalangi seseorang adalah keyakinan yang salah, serta sikap yang selalu negative

Ungkapan tersebut mampu membangkitkan kepercayaan diri dari seorang Adam Khoo. Hingga akhirnya Adam Khoo  memiliki keyakinan dan kepercayaan diri bahwa kalau ada orang yang bisa mendapatkan nilai A, dia juga pasti bisa. Selama ini Adam Khoo  berpikir kalau dirinya bodoh, naïf, dan menerima saja ketika mendengar kata-kata orang lain yang negative.

Sejak saat itu, untuk pertama kalinya dalam hidupnya Adam Khoo berani menentukan target-nya, salah satu target pertamanya yaitu mendapatkan nilai A semua. Mulai dari hal sederhana seperti mendapatkan  nilai A, hingga menargetkan masuk universitas favorite.

Awalnya banyak yang tak percaya dengan targetnya tersebut. bahkan tak sedikit orang yang mencemoohnya. Tapi justru, cemoohan tersebut semakin membuatnya dirinya terbangun untuk semakin sukses.

Lambat laun hasilnya mulai terlihat. Ia yang awalnya dikenal sebagai  anak yang sangat bodoh, kini ia bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan guru padanya. Hingga ia bisa masuk SMA favorite, dan masuk National University of Singapore (NUS).  Di kampusnya, ia selalu mendapatkan nilai terbaik tiap tahunnya, Adam Khoo dimasukkan ke NUS Talent Development Program. Perlu diketahui bahwa Program ini hanya diberikan khusus kepada TOP 10 mahasiswa yang dianggap jenius di kampus tersebut. dan kini ia menjadi orang yang sangat sukses dan terkenal di Singapura dengan kekayaan mencapai milyaran.

Dari kisah Adam Khoo tersebut diatas, kita bisa mengambil beberapa poin penting untuk sukses:

Perubahan keyakinan yang salah menjadi keyakinan yang tepat

(dari keyakinannya “Saya bodoh, lulus saja susah” menjadi “Jika orang lain bisa mendapatkan A, saya juga bisa!”)

Mempunyai tujuan yang mantap

(“Nilai saya harus A semua, juara 1, masuk Victoria Junior College, masuk NUS dan menjadi terbaik disana”)

Mempunyai alasan yang sangat kuat.

Ia bahkan mengungkapkannya di depan taman-teman, bicara di depan kelas dan ditertawakan. Akibatnya, kalau tidak dapat nilai A, dia akan malu luar biasa; sedangkan bila mendapat nilai A, dia akan bangga luar biasa.

Semoga saja dari kisah sukses Adam Khoo, kita bisa mengambil manfaat dan inspirasi serta motivasi untuk menggali potensi kita. Semoga pikiran-pikiran negatif yang sering mengendorkan semangat kita bisa kita usir dengan energi-energi positif yang mampu membakar semangat kita untuk terus maju dan sukses meraih setiap cita-cita kita. (sumber: berbagai sumber)