Air Putih Di Pagi Hari, Hal Sederhana yang Memiliki Manfaat Besar Bagi Kesehatan

By on September 26, 2015

90% tubuh manusia terdiri dari air. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika tubuh kita kekurangan cairan. Karena itu, air merupakan kebutuhan hal yang paling vital. Fungsi air dalam tubuh berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi, mengeluarkan zat sisa metabolisme, produksi air ludah, dan mempertahankan suhu pada tubuh. Itulah mengapa manusia dapat untuk lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Salah satu indikator tubuh kita saat kekurangan cairan adalah saat merasa haus. Meminum air putih bisa menjadi solusi yang tepat saat merasa haus. Selain lebih menyehatkan, air putih juga mengandung nol kalori sehingga aman meski dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Minimal 8 Gelar Per hari

banyak sekali aktivitas yang dilakukan yang dapat menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh , idealnya seseorang membutuhkan 8 (delapan) gelas air putih per harinya. Jika kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif. Salah satu waktu yang paling baik untuk mengkonsumsi air putih adalah saat pagi hari setelah bangun tidur. Jadi air putih di pagi hari sangat di anjurkan apalagi dijadikan kebiasaan rutin. Berikut berbagai manfaat minum air putih di pagi hari:

Air Putih di Pagi Hari

sumber: wartakesehatan.co.id

1. Terlihat awet muda dan lebih segar. Minum air putih di pagi hari sangat efektif untuk membersihkan dan membuang berada dalam tubuh melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan. Selain membantu dalam proses pencernaan, air putih juga membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal. Batu ginjal disebabkan karena garam dan garam menurut teori larut dalam air. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal pada tubuh akan larut dan ikut keluar dengan air seni. Air putih juga membantu meringankan kerja organ ginjal sehingga menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

4. Membuat Mood Lebih Baik. Seseorang yang sedang dehidrasi akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang sedang memburuk, kesulitan untuk berkonsentrasi. Maka dari itu lah, minum air putih yang cukup sangat bermanfaat untuk mencegah suasana hati yang memburuk.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Dalam rongga mulut terdapat air ludah yang berfungsi sebagai self cleansing. Dengan mengkonsumsi asupan air putih perhari yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga membuat rongga mulut tidak kering sehingga mengurangi terkena resiko penyakit gigi dan mulut serta terhindar dari bau mulut.

6. Mengontrol Berat Badan Tubuh. Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.

7. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.