Air Terjun Banyunibo Wonogiri yang tersembunyi

By on November 24, 2015

banyunibo wonogiri

Memasuki musim penghujan berarti bagi mereka yang hobi piknik inilah saatnya untuk jalan-jalan. Hujan itu air dan kalau ada air, tiada air yang indah selain air terjun, hehe. Kali ini kita akan membahas air terjun yang ada di Jawa Tengah dan berada di pedalaman sebuah desa. Namanya adalah Air Terjun Banyunibo yang terletak di Dusun Ngluwur, Desa Kepuhsari, Kecamatan Mayaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Ada yang bilang dari beberapa sumber mengatakan kalau ini masuk di Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tapi entahlah yang tepat yang mana jangan jadi perdebatan, mungkin ini terletak di perbatasan. Yang terpenting adalah kita bisa menikmati Air Terjun yang indah.

Banyunibo Wonogiri itu di balik perbukitan

Tapi bagi yang hendak kesini harus siap, pokoknya segalanya harus siap. Ya kendaraannya, bekalnya, dll, karena kalau datang dari Jogja memang cukup jauh dan yaa emang beneran jauh. Tapi sebenarnya tidak jauh karena semua itu hanya masalah waktu saja. Direkomendasikan kalau mau kesini naik sepeda motor saja. untuk proses menuju kesini itu gampang-gampang susah. Gampang jika tau arah jalannya, dan susah jika keseringan nyasar. Tapi bukankah nyasar itu bagian dari proses berpiknik itu juga.

Lupakan soal nyasar yang penting tips untuk bisa sampai ke tujuan adalah jangan ragu atau sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar. Karena memang banyak sekali menemui jalan bercabang entah itu perempatan atau pertigaan. ingat! malu bertanya sesat dijalan dijalan, banyak bertanya itu tersesat dijalan yang benar.

banyunibo wonogiri

Jika sudah memasuki Dusun Ngluwur maka parkirlah kendaraan anda di dekat rumah yang buka warung yang depan rumahnya itu ada pohon sawonya dengan permisi sebelumnya. Mulai dari sini kita bisa menuju ke lokasi air terjun dengan meliwati jalan yang membelah lahan persawahan. Melewati pematang sawah dan agak naik sedikit kita akan segera sampai ke lokasi air terjun. Air Terjun Banyunibo Wonogiri ini memang tersembunyi dibalik cekungan perbukitan sehingga kita akan berjalan mengitari sawah baru bisa sampai ke air terjun. Hati-hati jika jalannya becek karena namanya juga jalan dari pematang sawah kalau basah bisa bikin terpeleset.

Air Terjun Banyunibo ini sangat bagus jika debit airnya pas lagi deras-derasnya. Maka dari itu datanglah kesini ketika sedang musim penghujan. Karena kalau pas waktu musim kemarau air terjunnya tidak mengalir sama sekali alias kering.