Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Air Terjun yang Membuat Penasaran

By on July 30, 2013

Air terjun unik ini terletak di desa Durin Sirugun, kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jaraknya dari kota Medan tidaklah terlalu jauh, anda hanya butuh kira-kira 1 jam perjalanan untuk bisa sampai Posko Tim Pemandu yang siap sedia membantu perjalanan wisata anda, pemandu-pemandu tersebut sudah terlatih dan mengenal betul medan hutan yang harus dilalui nantinya. Dari posko untuk masuk ke dalam hutan butuh watu kurang lebih 3 jam dengan berjalan kaki maka tidak heran kalau kesiapan fisik sangatlah penting, anda harus benar-benar fit. Sepanjang jalur tracking anda akan disuguhi panorama hutan yang sejuk dipandang mata, anda akan mendapat pengalaman berwisata dan berpetualang sekaligus untuk bisa sampai lokasi air terjun, jalanan menanjak dan turunan harus anda lalui.

Daya tarik air terjun ini selain pemandangan dan keunikan yang dimilikinya tentu saja posisinya yang terselip diantara rimbunnya pepohonan hutan kawasan Gunung Sibayak,

img_20111215103516_4ee96af495283

perjalanan yang tidak sebentar ini jelas membuat penasaran, sesampainya pada tujuan yang dimaksud, anda akan disambut hawa sejuk plus pemandangan alam yang menakjubkan. Ada tiga air terjun dalam satu tempat, yang paling tinggi mencapai 60-70 meter, telaganya sendiri memiliki diamter hingga 25 meter, keren! Mengapa dinamai air terjun 2 warna ? berdasarkan karakter airnya yang secara ilmiah disebutkan mengandung fosfor dan belerang inilah yang kemudian melahirkan fenomena alam indah ini, sehingga dapat anda lihat air terjun yang mengalir dari atas berwarna biru muda, sedangkan yang sudah jauh tertampung telaga berwarna putih keabuan. Jika menyentuh kulit juga memiliki suhu berbeda, air berwarna biru muda terasa lebih dingin dan berwarna putih keabuan terasa hangat, usahakan untuk menelan air yang bersuhu hangat karena kandungan fospor serta belerangnya yang cukup tinggi. Tentu saja sayang bila tidak berenang atau sekedar bermain air ketika sesampainya di objek wisata Air Terjun Dua Warna ini, hal ini mampu membuang lelah selama perjalanan menuju kemari, berfoto atau menyalurkan hobi fotografi anda juga menjadi agenda wajib yang tidak boleh dilewatkan. Disarankan untukmembawa sendiri perbekalan makan minum juga kotak P3K anda sendiri, dan usahakan untuk tidak mengotori apa merusak lingkungan sekitar, karena sayang jika tidak bisa dinikmati oleh generasi kita selanjutnya nanti.

twinWaterfall

Penginapan sekitar air terjun belum tersedia karena letaknya yang ditengah hutan, anda bisa berkemah / mendirikan tenda itupun harus seijin pihak yang berwenang. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: eocommunity.com; travel.detik.com; gudangekspressi.wordpress.com)