Air Terjun Lawean, Eksotisme Tulungagung

By on September 14, 2015

air terjun lawean

Air Terjun Lawean merupakan salah satu potensi wisata Tulungagung yang wajib diperhitungkan. Dengan ketinggian sekitar 100 meter, Air Terjun Lawean menjadi salah satu air terjun yang sering dikunjungi para wisatawan dan menjadi primadona di Tulungagung karena eksotisme yang ditawarkannya.

Meski memerlukan pengorbanan yang cukup untuk menuju titik lokasi air terjun ini, namun hal tersebut tidak serta merta mengurangi niat wisatawan untuk menyapa air terjun yang konon memiliki cerita dibalik keindahannya ini secara langsung. Berikut sedikit penjelasan mengenai air terjun Lawean.

Lokasi Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean ini terletak di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 1.200 m diatas permukaan air laut. Lokasi tepatnya adalah di dusun Turi, desa Geger, Kecamatan Sendang kurang lebih 25 km arah barat daya dari Kota Tulungagung. Perjalanan ke lokasi ini hanya dapat ditempuh dengan sepeda motor karena keadaan jalan yang sempit dengan kenampakan terasering disisi bukit yang membuat adrenalin meningkat. Dengan medan yang agak sulit, sangat cocok bagi anda para pendaki dan pecinta alam.

Setelah berkendara ke dusun tersebut, perjalanan ke titik Air Terjun Lawean hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 3 km, kondisi jalan yang licin serta harus menerobos semak belukar akan terbayarkan karena disekeliling jalan anda akan melewati indahnya panorama perbukitan dan sembilan kali menyeberangi sungai di hutan yang masih perawan. Sungai – sungai tersebut merupakan hasil aliran air dari air terjun Lawean sendiri. Namun tenang, seluruh pengorbanan untuk mencapai lokasi tersebut akan sirna dengan keindahan yang disuguhkan oleh air terjun Lawean, air terjun yang masih perawan yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota yang akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Cerita dibalik Air Terjun Lawean

Dibalik keindahannya, Air Terjun Lawean menyimpan misteri. Menurut penduduk setempat, Barang siapa yang mandi di air terjun lawean di yakini akan sembuh dari penyakit yang diderita dan mitos “Mbok Roro Dewi Gangga”,”Mbok Roro Cemethi”, ”Mbok Roro Willis” dan ”Mbok Roro Endang Sampur” di percaya sebagai penguasa air terjun tersebut.

Air Terjun Pandan Wangi

Selain Air Terjun Lawean, di sisi lain masih di wilayah kecamatan Sendang juga terdapat air terjun Pandan Wangi, ketinggian air terjun kurang lebih 30 m berada satu wilayah dengan perkebunan teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup.

Mata dan pikiran anda tidak akan hanya disegarkan dengan sejuknya Air Terjun Laweyan dan Pandan Wangi, tetapi juga dengan pemandangan berbagai anggrek yang tumbuh di sekitar air terjun yang semakin membuat semarak liburan anda.