Alasan Ini Menjelaskan Kenapa Kamu Wajib Ikut Organisasi di Kampus

By on July 30, 2015

ikut-organisasi

Jaadi mahasiswa mungkin adalah saat-saat yang di tunggu oleh sebagian besar dari mereka yang lulusan SMA. Setelah lulus maka geliat para lulusan untuk mencari kampus mulai ramai. setelah lolos seleksi maka saat saat yang ditunggu-tunggu pun datang juga yaitu jadi mahasiswa baru atau maba. Saat jadi mahasiswa baru, tentunya banyak tawaran untuk masuk menjadi anggota organisasi bukan. Tak jarang mahasiswa yang merasa enggan untuk mengikuti organisasi karena beberapa alasan. ada yang takut tidak fokus kuliah, hingga ada yang memang malas ikut organisasi. Padahal manfaat bergabung dengan organisasi itu banyak. Nmun ada sedikit ketakutan, apalagi ketika kamu masih mahasiswa baru, untuk bergabung dalam organisasi saat kuliah itu banyak sekali lho, apa aja si mafaatnya ikut organisasi di kampus, yuk simak disini !

Manfaat ikut organisasi di kampus

1. Melatih skill dan mengembangkan hobimu

Kamu berpikir kalau ikut organisasi itu menyeramkan dan negative gara-gara liat berita di tv? Coba deh buka wawasan kamu dengan searching di internet atau baca majalah. Disitu banyak info lho mana saja organisasi yang positif. Apalagi sekarang banyak organisasi yang berkembang di kampus. Selain berkembang menjadi organisasi kampus, isu yang mereka bawa juga berbeda-beda. Biasanya organisasi di kampus itu lebih fokus untuk pengembangan diri, skill, dan hobi anggota-anggotanya. Menarik kan?

2. Tak melulu soal politik

Dalam pikiranmu mungkin organisasi itu hanya berhubungan dengan politik saja. Inti dari organisasi itu adalah sarana berkumpulnya orang-orang dengan tujuan dan minat yang sama. Jadi ada banyak organisasi disekitarmu yang juga memiliki konsen berbeda, misalnya saja berdasarkan pada hobi, minat, atau profesi. Contohnya kamu sedang tertarik dengan fotografi, kamu bisa ikut organisasi yang berkaitan dengan fotografi. Disitu kamu tak hanya bertemu dengan teman-teman dengan hobi yang sama, kamu juga bisa sharing dan mendapat pengetahuan baru tentang fotografi. dan saran saja sebelum kamu bergabung dengan sebuah organisasi adalah melihat bagaimana rekam jejaknya, kejelasan kegiatan dan anggotanya juga.

3. Melatih Kepemimpinan

Saat kamu berada di sebuah organisasi, kamu akan bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang. Tak jarang kamu akan diberi amanah untuk memimpin sebuah projek. Meski hanya projek kecil-kecilan, kamu tetap dituntut untuk menjadi pemimpin. otomatis jiwa kepemimpinanmu juga akan ikut terasah saat berdiskusi dengn banyak kepala.

4. Bisa jadi modal melamar pekerjaan

mulai dari mengadakan seminar atau diskusi terbuka, mengadakan penggalangan dana, atau melakukan sosialisai, pengalaman-pengalaman ini akan sangat berguna saat kamu akan melamar kerja. Pengalaman-pengalaman itu bisa kamu masukan dalam curriculum vitae sebagai referensi tambahan. Tak jarang juga perusahaan yang menamyakan keaktifanmu dalam organisasi saat kuliah.

5. Penting punya pengalaman berorganisasi kalau kamu mau mendapat beasiswa

Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa terutama beasiswa ke luar negeri, keaktifanmu dalam organisasi dapat menjadi nilai plus lho. Bahkan tak jarang salah satu syarat mendapatkan beasiswa adalah aktif berorganisasi. Kamu akan selalu menemukan lembar “pengalaman organisasi”. Disitu kamu akan banyak pertanyaan mengenai organisasi apa saja yang kamu ikuti, jabatan di organisasi, kegiatan organisasi, dan lainnya. Nah kalau kamu tidak punya pengalaman apapun, gimana?

6. Memperluas jaringan kerja dan bisnis

Tentu saja salah satu keuntungan bergabung dengan organisasi adalah bertemu banyak orang. Jika kamu mengikuti organisasi besa yang memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia, kamu akan merasa banyak saudara di berbagai kota. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang mencari kerja atau bergelut dengan bisnis. Apalagi kalau kamu hobi jalan-jalan. Kamu bisa menghemat biaya akomodasi dengan numpang menginap di tempat teman kamu itu bukan.

Jadi jangan cuma jadi mahasiswa kampus-kos aja, banyak manfaat yang bisa kamu ambil dengan berorganisasi. karena dengaan ikut organisasi di kampus maka kita akan menirima manfaat yang sangat banyak. Bertemu dengan orang-orang penuh inspirasi, mengembangkan bakat, dan menambah pengalaman. Tanpa terlupa kita juga harus bijak untuk bisa membagi waktu antara kuliah dan aktif di organisasi kampus. Jadi tunggu apalagi?