Andris Mengangkat Beras Garut Lewat Nasi Liwet Instan

By on February 28, 2013

Jika anda sedang melakukan perjalanan ke Garut, ada satu kuliner khas yang unik, yaitu nasi liwet instant. Berawal dari tangan kreative Andris Wijaya, beras garut yang mulanya tidak dikenal orang kini telah disulap menjadi kuliner unik khas garut.

Beras garut memilki warna yang lebih putih dan lebih pulen setelah dimasak, dan memiliki rasa yang manis. Namun karena di pasaran, beras garut ini kalah pamor dengan beras Cianjur atau beras Thailan, maka banyak pedagang yang berbuat curang dengan menyembunyikan identitas beras Garut dan menggantinya dengan Beras Cianjur. Kondisi inilah yang membuat Andris menaikkan pamor beras Garut tanpa menyembunyikan nama asli berasnya.

Dengan berbekal ide kreatifnya, ia berusaha mempopulerkan beras garut kepada masyarakat luas. Ia beranggapan bahwa beras garut harus diolah sedemikian rupa untuk menarik minat para wisatawan. Berbekal resep nasi liwet keluarganya serta pengetahuan yang dimilikinya, ia mulai embuat nasi liwet instan.

Berbagai bumbu dan rempah resep keluarganya dikeringkan sehingga tidak dibutuhkan pengawet dan bisa bertahan sampai 8 bulan. Begitupun dengan pelengkap nasi liwet seperti ikan teri, asin jambal roti, petai, dan jengkol. Semuanya dikeringkan dan dikemas serapi dan sebersih mungkin.

Dengan penyajian yang mudah, nasi liwet pun bisa langsung dinikmati. Aroma dan rasa nasi liwet ini, tidak kalah dengan nasi liwet di restoran. Nasi dari beras Garut pun tersaji dengan keadaan pulen dan berukuran besar serta lezat. (Hikari Chan/inloveindonesia.com)