Batu Secret Zoo, Kebun Binatang ala Kota Wisata Batu Malang

By on September 19, 2013

Sebagai kota wisata, Batu punya banyak tujuan wisata yang bisa anda kunjungi, selain BNS, Jatim Park atau Museum Satwa, ada satu lagi yang  bisa dijakdikan destinasi anda dan keluarga mengisi waktu libur yakni Batu Secret Zoo. Kebun binatang moderen ini berada di lahan seluas 14 hektar, butuh energi ekstra untuk menyusuri semua sudut kebun binatang. Batu Secret Zoo punya banyak koleksi hewan dari banyak habitat yang berbeda-beda pula, ada singa, kijang afrika, burung macau, aneka jenis reptil, dan banyak lagi yang lainnya. Memang kebanyakan binatang yang hidup di area kebun binatang ini berasal dari Afrika juga Asia. Saat peresmian grand opening tahun 2010 Batu Secret Zoo ramai dipadati pengunjung karena digratiskannya biaya masuk ditambah diresmika oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Konsep kebun binatang di Batu Secret Zoo dibuat sesuai dengan habitat aslinya agar lebih menarik perhatian pengunjung.

Kebun binatang modern ini dilengkapi informasi dengan sistem layar sentuh yang sudah dipasang di terowongan.

batu-secret-zoo

Ada juga Savannah, sebuah terowongan berdinding kaca, dari balik kaca pengunjung bisa menikmati tingkah polah hewan-hewan afrika sepeti Zebra, Giant Sable Antelope, dan hewan berkuku lainnya. Ada pula Kampung Afrika dimana anda akan disuguhi hewan berukuran kecil seperti kelinci, marmut, dan sebagainya. Selain tentunya anda bisa melihat harimau, singa, gajah. Ada Rumah Elang, dimana anda bisa melihat banyak elang yang diadopsi disini, anda akan didampingi pemandu untuk menyusuri area rumah elang ini. Anda bisa juga melihat buaya dari tempat yang aman atau memberi makan kuda nil bila pas waktu makan tiba. Anda juga bisa mencoba pengalaman memberi makan bermacam-macam jenis burung di area feeding birds.

Selain bisa melihat aktifitas para binatang, tersedia pula area permainan yang cukup luas dan menarik khususnya bagi pengunjung anak-anak. Bila anda kelelahan bisa berisitirahat sejenak membuang capek di cafetaria yang bersebelahan dengan arena bermain Fantasy Land. Ada juga konsep wahana air atau water park dengan kolam renang yang dilengkapi ember raksasa. Pengunjung boleh memberi makan hewan dengan ikut Safari Farm, tentunya buat anda yang suka berfoto-foto ria, banyak spot bagus untuk dijadikan tempat berfoto bersama keluarga maupun teman-teman anda disini. Serunya lagi, ada arena River Adventure, menaiki perahu mesin amatlah mengasyikkan, anda bisa melintasi pulau yang khusus dibuat untuk ditinggali habitat Orangutan. Jika anda cukup bernyali, coba atraksi Mancing Harimau, dimana pengunjung diberi kesempatan untuk memberi makan harimau dengan daging segar. Tantang diri anda untuk mencoba wahana kincir raksasa, anda bisa melihat pemandangan kota Batu saat berada di bagian paling atas,

Batu-Secret-Zoo-02

namun jelas tidak disarankan untuk anda yang mempunyai fobia ketinggian, dan masih banyak wahana seru lainnya yang bisa anda coba selama berkunjung kemari. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: bosmobil.com; indonesia.is; malang-guidance.com)