Belanja Batik di Pasar Klewer, Solo

By on February 27, 2015

Hampir semua wisatawan, jika mereka sedang mengunjungi suatu tempat pasti ada saja rasa untuk membeli sesuatu yang khas dari daerah tersebut, entah itu untuk oleh-oleh atau hanya untuk koleksi sendiri. Apalagi kalau yang berwisata adalah para perempuan, wisata belanja daalah wisata yang sama sekali tidak boleh terlewatkan. Malahan banyak dari mereka lebih mementingkan wisata belanja dari pada wisata yang lain.

Nah jika Anda sedang berwisata ke Solo, ada satu tempat wisata belanja yang anda wajib kunjungi, Pasar Klewer. Pasar Klewer dikenal sebagai pasar batik terbesar di Indonesia. Tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi para pecinta batik. Bagi Anda yang punya jiwa bisnis, Pasar Klewer ini juga bisa menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan.

Dulunya Pasar Klewer ini merupakan tempat pemberhentian kereta, karena banyak orang di tempat tersebut, masyarakat memanfaatkannya sebagai tempat berdagang. Hingga tempat tersebut dikenal sebagai Pasar Selompretan. Kata selompretan  ini berasal dari kata selompret (terompet) karena suara keretanya yang mirip dengan terompet ditiup. Banyak pedagang yang juga menjual bahan tekstil seperti batik. Mereka biasa memanggulnya di pundak, sehingga terlihat berkleweran (berjuntaian). Hingga pada saat ini pasar ini lebih dikenal dengan nama Pasar Klewer.

Beragam jenis pakaian berbahan batik seolah memanggil para pengunjung untuk membelinya. Mulai dari jenis kebaya, kain, baju resmi, hingga kaos batik, daster, blouse cantik dan pakaian anak-anak. Tak hanya batik Solo, pasar ini juga memiliki koleksi batik Banyumas, Pekalongan, Madura, Yogyakarta, dan lain-lain. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai batik cap seharga belasan ribu maupun batik tulis dengan kualitas terbaik dengan harga lebih murah dari pada butik-butik terkenal. Kebanyakan kios-kiso disini juga melayani grosir sehingga harga yang didapat bisa lebih murah.

Jika lelah berbelanja mengelilingi pasar tekstil ini, Anda bisa berjalan ke depan ataupun samping pasar. Berbagai warung makanan siap menjadi tempat melepas lelah sekaligus mencicipi aneka makanan khas Solo. Seperti nasi pecel, nasi liwet, tengkleng, timlo, es dawet, es gempol dan berbagai jenis makanan dan minuman lainnya siap menjadi tempat istirahat Anda. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)