Air Terjun di Jogja, Indah Nan Unik

By on May 30, 2015

air terjun di jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta, provinsi yang terletak disisi selatan pulau Jawa ini memang tak ada habisnya untuk diperbincangkan. Terkenal sebagai kota pelajar, tempat ini tak hanya berisi akan lembaga-lembaga pendidikan namun juga menyuguhkan berbagai tempat wisata yang pastinya istimewa seperti nama daerahnya. Hamparan pasir putih disepanjang pantai Gunung Kidul, Deburan ombak pantai selatan, Kegagahan Gunung Merapi, Kecantikan panorama Kulon Progo, Keistimewaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat serta yang sedang booming di kalangan masyarakat akhir-akhir ini, curug atau air terjun. Air terjun di Jogja terdapat di beberapa titik yang bisa dengan mudah kunjungi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Eksotime Air Terjun di Jogja :

Air Terjun Sri Gethuk

Ini dia salah satu air terjun di Jogja yang menjadi spot menarik, merupakan tempat paling diburu wisatawan saat berlibur di Gunungkidul. Disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan aliran air diantara tebing berketinggian hingga 50 m. Sebelum mencapai air terjun ini, anda harus melewati jalanan setapak di pematang sawah sejauh kira-kira setengah kilometer, dan dilanjutkan menuruni 96 anak tangga. Jika Anda ingin lebih cepat dan mudah untuk dapat sampai di lokasi air terjun, Anda dapat menyewa perahu tradisional (gethek) sebesar Rp 5 ribu per orang.

Mengapa air terjun ini bisa di juluki sri gethuk? Karena dulu Konon, air terjun ini adalah tempat menyimpan kethuk (salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro). Konon lagi setiap waktu tertentu masyarakat sekitar masih sering mendengar suara gamelan dari arah air terjun.

Air Terjun Sidoharjo

Di kulon progo terdapat air terjun yang masih belum banyak di jamah manusia yaitu air terjun Sidoharjo. merupakan salah satu Air terjun ini di Jogja yang mempunyai ketinggian 75 meter dengan tingkat kemiringan 90 derajat sehingga air yang jatuh tidak terhalang apapun. ketika sedang musim hujan, pemandangan menjadi semakin indah karena debit air yang lebih banyak.

Air terjun pantai jogan

Ini dia air terjun di Jogja yang paling unik, dengan aliran airnya yang langsung jatuh ke laut, air terjun ini sering dikunjungi para pemburu view. Dalam satu tempat bisa mengunjungi 2 jenis pemandangan yang berbeda, air terjun dan pantai. Pantai ini terdiri dari tebin-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yang tajam dan bebataun-bebatuan koral serta mempunyai sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya dapat kita lihat ketika laut dalam keadaan surut.

air terjun di jogja

sumber : telusurindonesia.com

Air Terjun Grojogan Watu Jogol

Tidak jauh dari air terjun sidoharjo terdapat air terjun grojogan watu jogo. Untuk sampai ke air terjun ini wisatawan harus parkir di rumah penduduk dan jalan kaki menuju air terjun. Jalannya memang agak licin dan di tubuhi ilalang, kita juga harus menebus pepohonan lebat, setelah itu menyeberang jembatan bambu sehingga menambah pengalaman baru yang tak terlupakan.

Air Terjun Tlogo Muncar

Air terjun di Jogja satu ini berada di dalam tempat wisata kaliurang sehingga banyak di kenal dengan air terjun kaliurang. Dengan tinggi 30-45 meter dan bersumber air di lereng bukit plawangan. Sayangnya air terjun ini airannya tidak terlalu deras sehingga kalau pas musim kemarau kadang sampai kering.