Berekreasi dan Bersantai di Air Terjun Tanah Merah, Samarinda

By on August 22, 2013

Air Terjun Tanah Merah lokasinya sekitar 15 km dari pusat kota Samarinda, dekat dengan taman rekreasi Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS). Anda bisa menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat namun sayangnya akses jalanan yang harus anda tempuh menuju lokasi air terjun belum diaspal, sekitar 1 km jalannya masih berbatu sehingga agak kurang nyaman dilalui, anda diharapkan berhati-hati apalagi bila kesana ketika musim hujan. Bila anda menggunakan transportasi umum, anda naik trayek dari Pasar Senggriri ke Sungai Giring dan berhenti tepat di simpang tiga dekat lokasi obyek wisata Air Terjun Tanah Merah.

Air terjun ini tingginya mencapai hingga 15 meter, air yang mengalir melintasi bebatuan besar diatasnya terbilang keruh, kabarnya hal ini dipengaruhi oleh komposisi tanah gambut yang terdapat di lahan hutan diatasnya,

airterjuntanahmerah2

sehingga menyebabkan air yang mengalir menjadi keruh. Namun begitu air terjun Tanah Merah tetap menarik untuk dijadikan destinasi melepas penat sambil menikmati lingkungan alamnya yang alami, udaranya sejuk karena kawasan ini dinaungi pepohonan rindang, di sekitar lokasi terdapat fasilitas yang diperuntukkan bagi pengunjung seperti gazebo untuk berisitirahat, kios-kios yang menjual makanan juga minuman ringan, area parkirnya luas dan ada tempat mandi untuk bilas. Tiket masuknya juga terjangkau, berkisar Rp. 5000,00 / orang. Untuk berjalan-jalan mengitari kawasan air terjun terbilang mudah karena tersedia tangga-tangga yang mumpuni dan aman. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: skyscrapercity.com)