Buah Sukun, Si Tropis yang Empuk

By on October 20, 2015

buah sukun

Negara-negara yang dilalui garis khatulistiwa seperti Indonesia memang kaya akan fauna, terlebih lagi dengan flora yang beragam. Banyak tumbuhan-tumbuhan negara tropis yang tidak bisa ditemukan di negara 4 musim bahkan tidak bisa tumbuh disana. Indonesia adalah salah satu contoh negara yang dilalui garis katulistiwa. Tak heran Indonesia memilki keragaman fauna dan flora yang menakjubkan. Jadi beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia.

Salah satu tanaman yang berasal dari negara tropis adalah pohon sukun. Sukun banyak ditemukan di pekarangan-pekarangan di Indonesia, meskipun kini sudah mulai jarang ditemui karena pekarangan yang lama-kelamaan disulap menjadi bangunan atau rumah-rumah.

Buahnya enak

Dari keseluruhan pohon sukun, yang paling sering dimanfaatkan adalah buahnya. Buah sukun memang populer dikalangan masyarakat Indonesia karena buahnya yang penuh gizi dan bisa diolah menjadi apa saja, orang Barat pun menyukai buah sukun karena tekstur buahnya yang empuk seperti roti. Jadi tak heran kalo mereka menyebutnya sebagai breadfruit.

sukun

sumber: d7news.com

Buah yang masuk dalam keluarga murbei ini cocok dijadikan untuk diet, meskipun mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, namun tetap rendah kalori. Karena itu disarankan bagi pelaku diet untuk mengkonsumsi buah sukun sebagai pengganti karbohidrat mereka. Dibandingkan dengan ubi jalar, ubi kayu, maupun kentang, buah sukun juga memiliki kandungan protein yang paling tinggi. Buah sukun juga cocok dikonsumsi oleh penderita jantung, ginjal, diabetes, serta penyakit liver.

Selain itu, Sukun bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, salah satunya cemilan. Di Indonesia sendiri, sukun paling sering diolah menjadi kripik sukun. Tidak hanya diolah menjadi keripik, Sukun juga  bisa diolah menjadi aneka makanan lainnya semisal Sukun kukus atau Sukun goreng. Jika bisa olah menjadi aneka makanan, tak lengkap rasanya jika tanpa hidangan minuman. Sukun bisa juga di olah menjadi aneka minuman, seperti Sup buah. Perpaduan Buah Sukun dengan buah-buahan lain seperti nangka, strawberry, semangka dan aneka buah lainnya menjadikannya semakin menggoda lidah untuk dinikmati, tak lupa juga tambahkan pemanis seperti susu kental manis sebagai pelengkap hidangan Anda.