Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Angkasa Pura II

By on April 10, 2015

Resmi menggantikan Tri S. Sunoko sebagai Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Budi Karya Sumadi sempat dicalonkan sebagai menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) , dan pernah menjadi bos BUMD Jakarta. Sebelumnya Budi Karya Sumadi, menjabat sebagai Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Budi Karya lahir 18 Desember 1956 di Palembang, Sumatera Selatan, Ir. Budi Karya Sumadi memulai karirnya 1982 sebagai Arsitek Perencana pada Departemen Real Estate PT Pembangunan Jaya, dan sebagai Arsitek Perancang pada 1982. Prestasi Bui Karya Sumadi bisa dilihat dari kawasan Bintaro yang kini sudah menjadi “Kota Baru” yang terus berkembang hingga kini.

Budi Karya dinilai telah berhasil memegang sejumlah mega proyek Ibu Kota Jakarta, di antaranya revitalisasi taman kota waduk pluit dan waduk Ria-Rio, penyelesaian rusunawa di Marunda, serta proyek Electronic Road Pricing (ERP).

Budi yang merupakan lulusan Arsitektur Universitas Gadjah Mada  pernah menjabat sebagai Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Taman Impian Jaya Ancol yang mempunyai visi revolusioner yang ingin “Jakarta sebagai Tujuan Wisata Handal & Menjadi Perusahaan Rekreasi Terbesar dan Terbaik di Asia Tenggara”.  Selain kesuksesannya di bidang arsitektur, Budi Karya Sumadi juga pernah menjadi Ketua Persatuan Independent Golf Club Indonesia dan Pengurus KONI DKI Jakarta.