Candi Selogriyo, tersembunyi di magelang

By on November 24, 2015

Candi Selogriyo

Bicara soal candi di Magelang, maka yang pasti yang terkenal adalah candi borobudur, candi mendut, dan candi pawon. Tapi jika anda ingin ke candi yang masih di Magelang dan ingin sekalian ingin menikmati keindahan alam pegunungan yang sangat asri dan menantang, maka anda bisa berkunjung ke Candi Selogriyo. Terletak di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah, candi ini tersembunyi di kaki gunung. Candi Selogriyo ini berada di ketinggian dan untuk mencapai kesana harus melewati jalan yang sempit. Hal yang bisa bikin tidak percaya lagi adalah kalau jalan akses masuknya melewati jalan depan rumah perkampungan warga yang seolah itu bukan jalan untuk menuju ke lokasi candi.

Rute yang bisa diambil untuk mencapai candi selogriyo ini:

  1. Pertama, Kalau dari kota Jogja ikuti saja Jl. Magelang sampai di Kota Magelang yangberjarak sekitar 60 km. Cara yang paling mudah dan cepet adalah lewat Kec. Bandongan. Untuk cara ini anda ikuti saja jalan kota yang ada di kota Magelang yang mengarah ke Kec. Bandongan. Di Kec. Bandongan sendiri nanti ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Kec. Windusari. Jalan yang dilalui lumayan naik turun
  2. Kedua, dari kota Magelang ikuti saja jalan besar sampai tiba di Kec. Secang. Nanti ada pertigaan ke arah obyek wisata Kalibening. Belok di pertigaan itu. Nanti akan sampai di Desa Payaman.

Direkomendasikan kalau mau kesini menggunakan sepeda motor saja, karena kalau pakai mobil gak bisa masuk dan otomatis harus berada di jalan besar yang itu jaraknya dari lokasi candi sangat jauh-jauh banget. Pakai sepeda motorpun untuk melewati jalan sempitnya juga butuh ekstra hati-hati karena terkadang dihadapkan dengan keadaan jalan yang berupa tanah yang tidak merata yang bisa menyebabkan jatuh. Apalagi kalau sedang musim penghujan dan keadaan jalan tanahnya pas lagi becek, itu harus semakin ekstra hati-hati sekali.

candi selogriyo

sumber: gpswisataindonesia.blogspot.com

Retribusi masuknya pun tidak mahal, sangat terjangkau sekali. Biasanya yang jaga adalah pemuda kampung setempat. Sesampainya ke pintu masuk candi kita harus mendaki beberapa anak tangga sebelum sampai ke altar candi. di sekitar komplek candi terdapat warga yang jualan minuman dan juga sebagai penjaga Candi Selogriyo ini.