Candi Surowono, Candi Peninggalan Majapahit

By on February 19, 2013

Candi yang nama aslinya adalah Wishnubhawanapura adalah sebuah candi Hindu dari kerajaan Majapahit. Candi ini terletak di dusun Surowono, desa Canggu, Pare, Kediri, Jawa Timur. Menurut para arkeolog, candi Surowono didirikan pada abad 14 M oleh kerajaan Majapahit sebagai tempat pendharmaan bagi Wijayarajasa, Bhre Wengker, yang merupakan paman dari Rajasanegara, Raja Majapahit. Dalam kitab Negarakertagama, Bhre Wengker telah meninggal dunia sekitar tahun 1388 M serta dimakamkan di Curabhana.

Candi Surowono diperkirakan selesai dibangun pada tahun 1400 M. Candi Surowono itu sendiri dibangun untuk memberikan penghormatan bagi seorang raja setelah 12 tahun dari kematiannya. Upacara tersebut diketahui bernama Upacara Sraddha.

Akses menuju Candi Surowono itu sendiri cukup mudah, sekitar 50 menit dari kota Kediri atau sekita 28 KM. Jika ditempuh dari Surabaya, akan memakan waktu sekitar 2,5 jam atau sekitar 105 KM. Hingga kini, terdapat tiga orang yang masih diberi amanah untuk menjadi juru kunci di Candi Surowono ini yang juga merawat candi tersebut. (Hikari Chan/inloveindonesia.com) (Foto: artikelduniapendidikan.blogspot.com)