Chris John, Legenda Hidup Tinju Indonesia

By on February 19, 2013

Yohannes Christian John atau yang akrab dipanggil Chris John adalah seorang atlet berprestasi yang lahir di Banjarnegara, 14 September 1979. Ia merupakan seorang petinju kebanggaan Indonesia yang cukup dikenal dikalangan mancanegara. Anak kedua dari pasangan Johan Tjahjadi Maria Warsini ini tercatat sebagai petinju Indonesia ketujuh yang berhasil meraih gelar juara dunia. Tidak heran jika olahraga Tinju menjadi passion-nya, ayahnya yang mantan petinju amatir telah mengenalkannya pada olah raga yang kemudian membawa namanya ke kancah internasional ini sejak ia berusia sekitar 5 tahun.

1998 merupakan tahun pertama Chris John menggeluti olahraga tinju profesional. Sebelumnya, sempat beberapa kali ia mengikuti pertandingan kejuaraan amatir di kota asalnya hingga pada suatu hari Chris John dilirik untuk direkrut oleh pelatih kenamaan dari Semarang, Sutan Rambing. Di awal karir ia harus melawan Firman Kanda, namun yang membuatnya menjadi terkenal saat dirinya berhasil meng-KO petinju idola pada masa itu, M.Alfaridzi. Kala itu, ia meraih gelar juara nasional untuk kelas bulu. Kemudian setelah bertanding beberapa kali (khususnya pertandingan dalam perebutan gelar nasional) di tahun 2001 ia meraih gelar PABA kelas bulu dengan menundukkan Soleh Sundava, dan 2 tahun kemudian setelah mengalahkan Oscar Leon (asal Kolombia), WBA menghadiahkan gelar juara deinitif.

Gelar sang juara pun semakin terbukti dan diakui saat awal Juni tahun 2004 ia mampu mengalahkan Osamu Sato petinju asal Jepang, dengan kemenangan itu tidak hanya dibanggakan oleh negara sendiri, ia pun menjadi sangat populer di negara lain. Seiring kepopulerannya, Chris John dipercaya untuk membintangi beberapa produk iklan. Pria yang kemudian melepas masa lajangnya pada tahun 2005 ini dengan menikahi Anna Maria Megawati, kini telah dikarunai 2 orang puteri. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: tribunnews.com)