Dampak Buruk Menggunakan Headphone

By on July 18, 2015

Dampak Buruk Menggunakan Headphone

Memang banyak cara yang menyenangkan untuk mendengarkan musik, mulai dari yang standar dengan headset biasa atau menggunakan super bass speaker. Tak ketinggalan juga mendengarkan musik dengan  headphone, tentu membuat musik menjadi lebih nyaman didengar. Namun meskipun menyenangkan, tetap harus ingat sistem pendengaran kita juga memiliki batasan. Jangan sampai pendengaran kita terganggu karena hal sepele seperti mendengarkan musik terlalu keras. Ingat kesehatan telinga kita juga harus tetap dijaga. Oleh karena itu menggunakan headphone tidak boleh keseringan.

Dampak Buruk Menggunakan Headphone Bagi Kesehatan

Seorang siswa dari California merasakan ada yang aneh setelah ia selesai menggunakan headphone nya. Telinganya berdengung seperti ketika ia keluar dari konser musik. Setelah diperiksakan ke dokter, ia ternyata mengalami tinnitus, ini merupakan gejala pertama ketulian yang disebabkan oleh suara keras (NIHL-Noise Induced Hearing Loss). Berdasarkan laporan WHO, lebih dari satu milyar anak muda menderita gangguan pendengaran karena kebiasaan mereka mendengarkan musik dengan volume keras melalui headphone atau mobil mereka.

Dampak Buruk Menggunakan Headphone

sumber: wafertango.com

Mendengarkan musik dengan volume keras dan terus menerus berbahaya bagi kesehatan pendengaran kita.  Jika hal tersebut kita lakukan, ada beberapa bagian dari telinga kita yang rusak dan tidak dapat diperbaiki. Bagian-bagian tersebut berupa sel berbulu halus sebagai penerima suara dalam telinga kita. Masing-masing telinga memiliki sekitar 18.000 sel. Semua sel tersebut berbentuk mirip ujung jarum yang sangat kecil dan rapuh. Jika semua sel itu rusak, maka tidak bisa diperbaiki. Lambat laun, hal itu menyebabkan kita akan kehilangan kemampuan untuk mendengarkan beberapa nada tertentu.

Untungnya hal ini bisa dicegah sedini mungkin dengan beberapa hal. Mulailah dari membeli headphone dengan kualitas yang bagus. Jangan mendengarkan volume tinggi selama berjam-jam. Batas maksimal mendengarkan musik menggunakan headphone adalah 8 jam. Ini pun harus diselingi istirahat 10-15 menit setiap 2 jam. Kamu bisa mendengarkan musik dengan volume tinggi kira-kira 15 menitan saja per harinya untuk menjaga sistem pendengaranmu.

Selain itu, hindari menggunakan headphone untuk mendengarkan musik ketika tidur. Hal ini kerap kali terjadi, lelah dengan aktifitas kerja ataupun belajar membuat banyak orang sering mendengarkan musik menggunakan headphone ketika akan tidur. Ketika tidur, tubuh waktu istirahat. Oleh karena itu, biarkan seluruh anggota badan beristirahat tanpa adanya gangguan dari luar.