Cantiknya Panorama Danau Maninjau, Sumatera Barat

By on June 25, 2013

Sumatera Barat juga punya kekayaan alam yang potensial jadi tujuan wisata, dari sekian banyak danau terkenal, Danau Maninjau bisa menjadi pilihan untuk anda kunjungi semasa musim liburan tiba. Terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, posisinya sekitar 140km dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Dikenal sebagai danau vulkanik berada di ketinggian 461,50 diatas permukaan laut. Luasnya kurang lebih 99,5 km2 dengan kedalaman sekitar 495m mnduduki posisi kesebelas danau terluas se-Indonesia.

Anda akan dimanjakan dengan pesona alam kehijauan ketika kemari, disetiap sisi terdapat jajaran tebing serta kumpulan awan yang makin mempercantik pandangan anda. Terdapat semacam cekungan yang terbentuk akibat letusan Gunung Sitinjau, seperti layaknya objek wisata kebanyakan, Danau Maninjau juga punya cerita legenda yang terkenal yaitu kisah Bujang Sembilan.

86fb0143

Kondisi alamnya masih sangat terjaga, ditambah udara yang sejuk bahkan kadang terasa dingin dan dapat membuat badan anda menggigil. Danau ini menjadi sumber air untuk sungai Batang Sri Antokan, terdapat juga PLTA Maninjau di salah satu bagian danau. Karena berada di dataran tinggi, untuk bisa mencapai objek wisata ini anda harus melintasi jalanan berkelok yang populer dengan nama kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km jika anda lewat dari arah Bukittinggi. Untuk sampai ke danau ini anda bosa lewat Padang menuju Pariaman kemudian Lubuk Basung dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam, atau lewat rute Padang menuju Bukittinggi sampai Danau Maninjau lewat Kelok 44 tadi, dengan lama waktu kira-kira 3jam. Fasilitas di sekitar objek wisata ini bisa dibilang sudah cukup lengkap dan memadai, ada beragam penginapan dari hotel hingga homestay, resto dengan berbagai menu makanan khas Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: indonesiatoursmku.blogspot.com; trekearth.com)