Danau Singkarak, Danau Terluas Kedua di Pulau Sumatera

By on July 3, 2013

Ada sebuah danau dengan pemandangan indah yang membentang di dua kabupaten provinsi Sumatera Barat yakni antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, memiliki luas 107,8 km ini merupakan danau kedua terluas di Pulau Sumatera, luas permukaan airnya mencapai 11.200 hektar dengan panjang maksimal 20 km dan lebar 6,5 km, dan dalamnya 268m. Pemandangan indah berpadu udara yang sejuk akan memanjakan anda jika anda mengunjungi objek wisata ini, dikelilingi sawah dengan pemandangan hamparan pegunungan, terasa asri dan sejuk dipandang mata. Danau yang letaknya di pinggir jalan raya ini bebas dikunjungi siapa saja. Area danau ini semakin dikenal namanya hingga ke mancanegara sejak diadakannya ajang balap sepeda internasional Tour De Singkarak.

Lokasinya 70 km dari Padang, 20 km dari Solok dan sekitar 36 km dari Bukittinggi. Jika anda dari Bandara Minangkabau, anda dapat menyewa mobil atau naik minibus umum dengan rute Padang –Solok, kemudian mengabil transportasi lain jurusan ke danau, lebih seru lagi bila anda berkeliling danau menggunakan mobil pribadi / menyewa dengan harga kira-kira mulai dari Rp. 400.000 / hari.

Objek wisata Danau Singkarak 3

Kuliner yang populer disini adalah Ikan Bilih, selain menjual souvenir untuk cinderamata, kios-kios sekitar danau hampir rata-rata menjual ikan bilih untuk dibawa sebagai oleh-oleh wajib yang tidak boleh ketinggalan anda beli, Ikan Bilih adalah ikan khas hasil Danau Singkarak, masyarakat sekitar memancing ikan ini untuk dikonsumsi ataupun dijual. Ikan bilih juga sudah terkenal di kalangan wisatawan. Anda bisa memilih, ada Ikan Bilih yang sudah matang, ada juga yang belum, harganya dibandorl rata-rata per kilonya dijual mulai Rp. 50.000,-. Rasanya dikenal gurih, pas asinnya, lebih enak dimakan panas-panas, dan memiliki ketahanan cukup lama, hingga satu minggu, maka jangan lupa membeli oleh-oleh Ikan Bilih bila anda ke Danau Singkarak. Di sekitar objek wisata ini ada banyak hotel yang bisa anda jadikan tempat beristirahat. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: monangcidakkal.blogspot.com)a