Danau Tolire, Danau Indah Nan Misterius di Maluku

By on August 15, 2013

Danau indah ini tersebunyi di daerah Ternate, Maluku Utara berada di bawah kaki Gunung Gamalama tepatnya 10 km dari pusat kota Ternate atau sekitar 30 menit dari pusat kota Ternate, anda bisa menyewa mobil atau menggunakan jasa ojek dengan tarif berkisar Rp. 15.000-25.000,- Danau ini terbagi menjadi dua danau, masyarakat menamainya Danau Tolire Besar dan Kecil yang jaraknya hanya sekitar 200 meter saja, karena letaknya diatas bukit, danau ini bentuknya menyerupai kawah dengan tebing curam dan pepohonan yang rimbun, jadi bentuknya seperti mangkuk atau loyang besar. Panorama asri serba hijau akan anda dapati disini, air danau yang warnanya kehijauan amat tenang , hanya beriak sesekali saja. Bila ingin mendekati area danau, anda harus didampingi oleh asyarakat setempat yang sudah biasa mengantar wisatawan menuju lokasi objek wisata karena medan yang akan anda lewati cukup sulit dan berbahaya, harus melewati tebing curam dan akar-akar pepohonan.

img_0497

Meski mungkin tidak begitu populer namanya namun yang menjadi daya tarik Danau Tolire ini selain keindahannya dan kedalamannya yang tidak bisa diukur itu yakni cerita rakyat yang beredar menyertainya, sehingga menimbulkan rasa penasaran yang kuat untuk melihat sendiri danau yang misterius tersebut.

Cerita yang beredar menyebutkan bahwa konon di bawah permukaan danau ini dulu adalah sebuah dea yang indah, namun ada satu orang yang melanggar adat dan bersikap sombong maka seluruh penduduk desa harus menerima kutukan, suatu malam desa tersebut beserta seluruh isinya tiba-tiba terendam air dan tidak ada satupun yang berhasil selamat. Hal ini kemudian menimbulkan kepercayaan baru pada masyarakatnya masa kini, mereka percaya bahwa banyak tersimpan harta karun di dasar danau, ada juga yang percaya harta karun yang ada di dasar danau tersebut merupakan harta milik masyarakat era Kesultanan Ternate, saat masa penjajahan bangsa Portugis, masyarakat Ternate banyak yang membuang hartanya yang berharga kedalam danau supaya tidak dirampas oleh penjajah saat itu. Keunikan lain, danau ini tidak terdeteksi dengan jelas berapa ukuran kedalamannya. Beberapa peneliti pernah mencoba mengukur berapa kedalaman danau, namun belum ada yang berhasil, bahkan ada seorang berkebangsaan Perancis pernah mencoba mengukur menggunakan tali yang dilempar menggunakan helikopter, sampai tali habis, belum terhitung berapa kedalaman danau tersebut. Masyarakat setempat juga percaya mengenai seekor buaya yang tinggal di Danau Tolire, kabarnya kadang buatan terlihat berwarna putih kadang hitam, yang jelas jumlahnya hanya satu,

danau_700

legenda yang simpang siur menyebutkan itu merupakan jelmaan seorang putri dari desa yang tenggelam. Terlepas dari benar atau tidaknya, yang pasti satu lagi kekayaan wisata alam milik Indonesia yang harus dijaga kelestariannya agar bisa terus dinikmati hingga nanti. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: antonyphotography.com; flickr.com; soputan.wordpress.com)