Darajat Pass, Sensasi Main Air Di Pegunungan

By on December 20, 2013

Daerah-daerah di Jawa Barat terkenal dengan hawa dan udaranya yang sejuk. Begitu juga dengan Garut. Daerah yang terkenal dengan dodol manisnya ini memang memiliki berbagai potensi yang menarik, mulai dari kesenian, kuliner, budaya dan juga obyek wisatanya. Salah satunya adalah Darajat Pass.

Kalau biasanya tempat-tempat rekreasi sejenis water park atau water boom berada di dataran rendaha atau daerah yang hawanya yang tidak terlalu sejuk, berbeda dengan Darajat Pass. Derajat Pass merupakan Waterboom sekaligus pemandian air panas yang berada di dataran tinggi. Tepatnya terletak di lereng Gunung Kendeng pada ketinggian 1640 m, kampung Bedeng, Desa Karyamekar, kecamatan Pasir Wangi, Kabupaten Garut.

Dengan menawarkan pemandian air panas sebagai daya tarik utamanya yang juga dilengkapi dengan Water Park, arena playground, dan gazebo. Diluar arena waterboom juga tersedia arena outbond bagi anda yang suka memacu adrenalin melalui permainan-permainan mengasikan ini. Tak ada salahnya jika anda mencoba flying fox, ATV, bungee trampolin, atau bahkan berkuda mengelilingi Darajat Pass. Tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Selagi anda bersantai di kolam-kolam air panas, anak-anak bisa bermain air di Waterboom Darajat Pass.

pass2

Jika anda kurang puas menikmati sejuknya udara Darajat Pass dan berendam di air panas hanya sehari saja, tenang, disini juga tersedia penginapan-penginapan bagi anda yang ingin berlibur lebih lama lagi disini. Dengan menawarkan indahnya pemandangan khas pegunungan Darajat Pass, penginapan di sini sangat cocok bagi anda yang lelah dengan atmosfir perkotaan.

Untuk mengakses Darajat Pass cukup mudah. Berjarak sekitar 22 km dari kota Garut, Darajat Pass bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan kondisi jalan yang sudah cukup baik. Jika anda menumpang kendaraan umum, dari Terminal Guntur Garut, anda bisa naik angkutan kota berwarna hijau (Terminal Guntur-Cibodas), ongkosnya rata-rata Rp.4.000,-. Dari Samarang anda naik angkutan pedesaan berwarna kuning menuju Pasirwangi, ongkos rata-rata Rp.5.000,-. Dari pemberhentian terakhir, anda bisa naik ojek sampai ke Puncak Darajat, ongkos rata-rata Rp.10.000-15.000,-.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, dari Alun-Alun Tarogong, belok kanan menuju Samarang mengikuti petunjuk jalan menuju PT. Chevron. Setelah melewati pasar Samarang, ambil arah kanan, tepat di simpang Palnunjuk ke arah Pasirwangi langsung menuju lokasi Puncak Darajat. Untuk tiket masuknya, dewasa dikenai biaya Rp. 20.000,- , sedangkan anak-anak Rp. 15.000,-. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: panoramio.com; kopitozie.blogdetik.com)