Duku Palembang

By on February 14, 2015

Bicara soal buah duku, pastinya langsung teringat dengan kota pempek, Palembang. Tak usah ditanya kenapa, buah duku yang terkenal manis dan berkualitas baik memang duku palembang. Meski sebenarnya tidak berasal Palembang asli, tapi karena berasal dari suatu daerah di Sumatera Selatan, maka ini duku ini disebut dengan dku palembang.

Duku palembang berasal dari daerah bernama Oki, Sumatera Selatan. Dulunya di daerah Oki, duku sangat berlimpah. Karena pemasarannya yang belum intensif, akibatnya duku ini banyak diberikan secraa gratis, bahkan ada yang dibiarkan begitu saja. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang mulai mengenal duku ini. Bahkan pemasarannya sudah menjangkau Pulau Jawa. Harga duku palembang perkilonya dibandrol 15000-25000 rupiah/kilo. Harga ini berlaku di Palembang, jika di daerah lain seperti jakarta, harganya bisa berkali-kali lipat bedanya.

Pohon duku bisa tumbuh hingga 5-8 meter. Di Sumatera Selatan, khusunya daerah Oki, pohon duku dilambangkan sebagai identitas suatu keluarga yang diturunkan oleh nenek moyang mereka. Jika sebuah keluarga sudah tidak memiliki kebun duku, maka hilang juga identitas mereka.

Pohon duku sendiri sangat bermanfaat, mulai dari buah hingga batang pohonnya. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Kayu yang berwarna coklat muda ini, begitu keras dan tahan lama biasa digunakan untuk tiang rumah dan gagang perabotan.

2. Kulit buah dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk jika dibakar setelah dikeringkan. Kebiasaaan ini biasa dilakukan oleh Filipina

3. Kulit buahnya juga dapat dijadikan sebagai obat anti diare.

4. Bijinya jika dihancurkan dapat menyembuhkan demam. Kebiasaan ini dilakukan oleh penduduk di Malaysia.

5. Kulit kayu yang rasanya sepet dapat digunakan sebagai tapal untuk menyembuhkan bekas gigitan kalajengking.

6. buah duku juga sangat bermanfaat salah satunya sebagai pelancar sistem pencernaan.