Durian, Temukan Surga di Dalam Kulit Neraka

By on February 27, 2015

Indonesia memang dikenal hanya memiliki dua musim saja, musim hujan dan musim kemarau. Tapi jangan salah, banyak musim yang tidak terduga di Indonesia, apalagi kalau menyangkut soal buah. Banyak buah-buah khas negara tropis punya musimnya sendiri-sendiri, sebut saja mangga, rambutan, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah Durian.

Bagi orang yang tidak tahan dengan buah berduri tajam ini, musim durian bisa jadi musim terburuk bagi mereka. Tapi berbeda 180 derajat dengan para pecinta buah yang berasal dari keluarga Durio ini, surga dunia sudah menanti mereka di musim ini.

Buah asli Asia Tenggara ini banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Meskipun termasuk buah asli daerah tropis, tapi durian tidak ditemukan di Afrika dan Amerika Selatan. Dari 13 varian durian yang ada di Asia Tenggara, delapan diantaranya ada di Indonesia, bisa dibilang Indonesia surganya durian. Tapi sayang durian di Indonesia tidak terlalu dikembangkan secara baik seperti di Thailand.

Banyak orang yang mengenal durian monthong merupakan durian terbaik yang berasal dari Thailand, tapi sebenarnya durian monthong berasal dari Kalimantan, tapi dibudidayakan secara massal di Thailand. Sebenarnya di Indonesia memiliki banyak varian durian yang lebih bagus dari durian monthong, tapi karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pembudidayaan durian, akhirnya durian lokal kalah dengan durian dari luar.

Rasa dan tekstur durian sangat unik, manis dan creamy, itulah yang membuat para pecinta durian menobatkan durian sebagai raja buah. Apalagi buah durian, dari beberapa puluh meter saja anda sudah bisa mencium aroma buah ini. Selain rasa dan teksturnya yang unik, perkembangbiakan durian juga cukup unik. Durian yang tumbuh dari biji tidak akan mewarisi sifat yang sama dengan induknya 100%. Meskipun dari satu buah, durian bisa memiliki ukuran, warna daging, ukuran biji, bahkan duri yang berbeda.

Berbagai kuliner olahan durian bisa anda temukan, terlebih di Indonesia, dari daratan Sumatra anda bisa menemukan olahan durian yang difermentasikan bernama tempoyak, ada juga ketan durian (beras ketan yang disiram saus durian), kolak durian, dodol durian, kripik durian, es krim durian dan yang paling modern adalah pancake durian. Durian juga buah yang paling sering dijadikan campuran makanan dan minuman khas indonesia, seperti es oyen asli Bandung. Yuk berburu durian! (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)