Eksotika Karimunjawa

By on June 4, 2013

Karimunjawa, beberapa tahun belakangan ini kepulauan di Laut Jawa yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, air lautnya yang bening serta keindahan alamnya yang eksotis mampu membius siapapun dengan hanya memandang foto-fotonya yang telah banyak beredar di dunia maya. Karimunjawa merupakan daerah kepualauan yang wilayahnya masuk kabupaten Jepara. Sejak tahun 2001, wilayah karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh Pemerintah daerah setempat.

Airnya yang jernih, ombaknya yang relatif tenang, pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih lembut, benar-benar obat untuk melepaskan penat dari kesibukkan kita sehari-hari. Serunya lagi, anda dapat menambah pengalaman dengan berenang-renang bersama ikan hiu di penangkaran ikan hiu, menikmati kendahan alam bawah laut melalui aktifitas seperti diving maupun snorkling. Selain itu anda juga bisa memancing, berjemur, atau hanya sekedar berenang juga bermain air di pinggir pantai. Membayangkannya saja membuat ingin belibur kesana dalam waktu dekat bukan ?

karimunjawa-Islands

Minimnya alat transportasi menuju Kepualaun Karimunjawa ini justru membuat liburan kemari tampak eksklusif. Jujur saja, untuk mencapai pantai-pantai di daerah Kepualaun Karimunjawa ini masih mengandalkan cuaca yang cerah, jika sedang musim hujan, tidak sedikit dari pasara wisatawan yang harus mengurungkan niatnya berlibur kesana karena cuaca dan ombak yang kurang memungkinkan. Jadi, pilihlah saat musim panas tiba, dimana matahari bersinar terang dan langit cerah. Saat ini sudah banyak perusahaan travel agent memberikan penawaran menarik untuk anda yang ingin berlibur kesana dengan kisaran biaya yang bervariasi.

karimun-jawa-6

Berikut beberapa cara untuk mencapai Kepualauan Karimunjawa :

  • Lewat Semarang

dari Pelabuhan Tanjung Mas naik Kapal Motor Cepat (KMC) yang beroperasi setiap hari Sabtu sekitar pukul 08.00 Wib pagi dengan jarak tempuh kira-kira 4 jam. Bisa juga dari Semarang juga bisa melalui akses udara, dari Bandara Ahmad Yani ada pesawat kecil yang dapat disewa terbang menuju Pulau Kemujan (Bandar Dewodaru) satu kali dalam seminggu (belum ada jadwal regulernya)

  • Lewat Jepara

Dari kota ini anda bisa naik KMP (Kapal Motor Penumpang) dengan jarak tempuh kurang lebih 6 jam perjalanan. Kalau lewat rute ini, jadwal menyeberang ada di hari Senin,  Rabu, dan Sabtu setiap pagi pukul 08.00 Wib.

Bagi anda yang merencanakan ke Karimunjawa dalam waktu dekat, Goodluck! dan selamat menikmati eksotisnya kekayaan alam yang satu ini. (Teks: Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: beach-of-indonesia.blogspot.com; filckr.com)