Erick Thohir, Pemilik Inter Milan Dari Indonesia

By on March 25, 2015

Siapa yang tidak kenal dengan Erick Thohir, terlebih bagi mereka yang akrab dengan dunia sepak bola. Erick Thohir adalah pebisnis dari Indonesia yang merupakan presiden dari klub sepakbola Italia, Inter Milan. Erick Thohir sendiri bergelut dalam bidang media di Indonesia, Erick Thohir merupakan pemilik dari Beyond Media yang dulunya pernah memiliki saham mayoritas dari klub basket NBA, Philadepia 76 Sixers. Jadi bagaimana perjalanan Erick Thohir membangun bisnisnya hingga besar sampai sekarang?

 Erick Thohir terlahir dari keluarga pebisnis. Ayahnya, Teddy Thohir merupakan pemilik grup Astra International. Lahir di Jakarta pada tanggal 30 Mei 1970. Setelah menamatkan SMA di Jakarta, Thohir melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Glendale Amerika Serikat, dan melanjutkan gelar masternya di Universtias Nasional California. Uniknya, selama di Amerika ternyata ayahnya melarang untuk melanjutkan bisnis keluarganya, ayahnya menginginkan anaknya tersebut mempunyai bisnis sendiri.

Setelah lulus dan mendapatkan gelar masternya, Erick Thohir kembali ke Indonesia dan mendirikan Mahaka Group. Gebrakan pertama Erick adalah membeli harian Republika yang berada di ambang kebangkrutan. Rencana tersebut banyak mendapat dukungan dan juga sorotan publik.

Erick memang tertarik dengan media sejak kuliah. Erick belajar dari raja media Indonesia, yaitu Jacoeb Utama yang merupakan pemilik media Kompas Group serta Dahlan Iskan dari Jawa Pos. Bahkan untuk Dahlan Iskan, Erick menghabiskan waktu seharian untuk belajar dari Dahlan.

 Setelah membeli harian Republika, Mahaka Group membeli Harian Indonesia tetapi diserahkan kepada PT Emas Dua Ribu, partner Mahaka Group di Malaysia untuk mengelolanya. Kemudian, Mahaka Group berturut-turut membuat media sendiri yaitu Jak TV, Gen FM, Prambors FM dan Delta FM.

 Kecintaannya pada olaharga, membuat Erick ingin mengembangkan bisnisnya di bidang olahraga juga. Pernah dengar Satria Muda Jakarta? Dulunya bernama Mahaka Satria Muda Jakarta adalah tim basket buatan Erick Thohir bersama Mahaputri Jakarta. Pada tahun 2006, Erick menjadi ketua umum PERBASI dan menjadi presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) mulai 2006 sampai 2014. Tidak hanya berhenti sampai disitu, pada tahun 2012, Erick Thohir tertarik untuk membeli saham di DC United, klub sepak bola di Amerika Serikat. Dan dilanjutkan Erick membeli saham mayoitas Philadelphia 76 Sixers.

Dan pada tahun 2013 kemarin, Erick menawarkan sekitar 300 juta dolar atau setara 3 triliun rupiah untuk membeli 70% saham dari Inter Milan. Akhirnya pada 15 Oktober 2013, Erick Thohir resmi menjadi presiden Inter Milan. (berbagaii sumber)