Gudeg Ceker Solo

By on February 14, 2015

Meskipun gudeg merupakan kuliner khas Yogyakarta, tapi bukan berarti gudeg tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bahkan di beberapa tempat, gudeg dimodifikasi dan menjadi kuliner khas. Salah satunya gudeg yang ada di Solo.

Gudeg di Solo dikenal dengan Gudeg Ceker. Disebut gudeg ceker karena memang dalam sajiannya selalu ada ceker ayam. Nah dari semua tempat di Solo yang menyajikan gudeg ceker, ada satu tempat yang sangat legenda dengan gudeg cekernya, Gudeg Ceker Margoyudan.

Gudeg Ceker Margoyudan bisa dibilang sebagai kuliner lawas kota Solo karena eksistensinya yang sudah sangat lama. Gudeg ni sudah ada sebelum tahun 70-an. Yang menarik dari gudeg ceker ini adalah bukanya bukan sore atau pagi hari seperti layaknya gudeg-gudeg yang lain, melainkan sekitar jam 01.00 dini hari sampai pagi sekitar jam 06.00 /07.00 wib. Disini juga tidak menyediakan meja dan bangku seperti warung pada umumnya. Disini hanya menyediakan jejeran bangku pajang untuk pengunjung. Jadi untuk menikmati seporsi gudeg ceker, para pengunjung makan sambil menyangga piringnya.

Gudeg ceker margoyudan berada di Jl. Mongisidi, Margoyudan, Solo, atau sebelah barat SMAN 1. Meskipun baru buka saat dini hari, tapi jangan salah. Warung ini selalu ramai pengunjung. Jika anda tidak terlalu suka ceker, sda banyak waskom besar yang berisi lauk pauk pelengkap nasi gudeg. Ada telur, uritan, paha ayam, sayap ayam, kerupuk dan ceker tentunya . Untuk satu porsi  nasi gudeg beserta lauk dan minuman, anda cukup membayar Rp. 15.000,-. Jadi saat ke Solo, jangan lupa mampir kuliner legenda kota Solo ini ya..