Gunung Rinjani, Lombok

By on November 28, 2014

Gunung Rinjani namanya sudah sangat familiar apalagi di telinga para pecinta kegiatan mendaki gunung atau mereka yang tergabung dalam komunitas pecinta alam, gunung yang di masuk dalam wilayah Taman Nasional di bagia Nusa Tenggara ini terkenal dengan pemandangannya yang indah nan eksotis. Lokasinya di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung yang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia ini punya ketinggian sekitar 3.726 m dpl dan termasuk gunung berapi.

Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan utama bagi para petualang dan pecinta alam, bagi mereka bila berhasil mencapai puncak gunung ini adalah kebanggaan serta kepuasan tersendiri tentunya, banyak pendaki yang justru datang sekitar bulan Juni-Agustus setiap tahunnya untuk merasakan medan pendakian serta menikmati suguhan panorama alam yang membius di ketinggian puncaknya, apalagi bila berkesempatan memandangi sunrise dari puncak Rinjani, hal ini akan menjadi kenangan seumur hidup yang berharga. Rinjani tak pernah sepi pengunjung, selalu ramai dikunjungi wisatawan asing maupun domestik.

Hal yang paling menkajubkan di Gunung Rinjani adalah keberadaan Segare Anak, sebuah danau yang terbentuk alami akibat letusan Gunung Rinjani. Segare Anak warnanya kebiruan seperti air laut serta terletak di ketinggian 2.800 m, banyak habitat ikan-ikanan hidup di dalamnya seperti ikan mujair, mas, dan lain-lain. Masyarakat lokal setempat mempercayai kalau Danau Segare ini punya kemampuan menyembuhkan penyakit, tidak heran jaman dulu kala danau ini dijadikan lokasi pemujaan untukmendapatkan ilmu atau benda-benda sakti.

Selain panoramanya yang menakjubkan, potensi flora dan faunanya pun jadi kekayaan tersendiri bagi kawasan pegunungan ini, banyak tumbuhan seperti beringin, bayur, juga dedurenan, sedangkan kekayaan faunanya meliputi kehdiran musang rinjani juga kijang. Untuk bisa mencapai wilayah ini dan posisi anda di pusat kota Mataram, baiknya anda tempuh jalur mataram – Selong – Sambelia –  Sembalun Lawang sekitar 5 jam dengan mobil kemudian dari sini anda butuh waktu sekitar 9 jam berjalan kaki menuju lokasi danau. Sedangkan untuk masuk ke wilayah taman Senaru atau Sembalun Lawang anda harus membayar tiket sebesar Rp. 30.000,-.