Begadang : Awas Ancam Kesehatan !

By on August 31, 2015

BEGADANG

Kamu tentu tau dong lagu ciptaan Rhoma Irama yang judulnya Begadang. Dari liriknya saja sudah menceritakan bahwa begadang itu merupakan kebiasaan yang tidak baik dan mengganggu kesehatan jika kamu terlalu sering begadang. Seseorang memerlukan waktu tidur yang cukup setiap harinya sebagai aktivitas istirahat tubuh setelah seharian menjalani rutinitas. Lebih dari itu, tidur juga memiliki pengaruh terhadap kenaikan serta penurunan berat badan hingga resiko kematian dimasa yang akan datang. Sehingga sudah pasti memiliki dampak negatif ketika seseorang meminimalisir waktu tidurnya karena terlalu sering begadang. Jadi apa saja efek buruk begadang untuk kesehatan kamu? berikut penjelasannya.

Begadang : Akibatkan Kekebalan tubuh menurun

Masalah kesehatan yang sering ditimbulkan karena kebiasaan begadang adalah kekebalan tubuh yang menurun. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu mendetoks racun yang hanya bisa dilakukan saat tubuh istirahat atau sedang tidur.

Begadang : Akibatkan Sakit Kepala atau Pusing

Mereka yang terbiasa begadang akan mudah terserang pusing di pagi hari karena otak tidak mendapat waktu yang cukup untuk beristirahat. Kebiasaan buruk ini juga akan menyebabkan kerusakan pada sel otak. Karena itu, lebih baik hentikan atau setidaknya kurangi kebiasaan ini sebelum penyakit yang lebih parah menyerang.

Begadang : Akibatkan Berat Badan Meningkat

Kenapa begadang dapat meningkat berat badan kamu? Ini bisa terjadi karena metabolisme tubuh yang tidak seimbang. Orang yang sering begadang cenderung akan mudah merasa lapar pada malam hari, sehingga ia tidak bisa menahan dirinya dari makanan. Padahal salah satu pantangan agar tidak kelebihan berat badan adalah makan malam.

begadang

sumber: rid-1-syah.blogspot.com

Akibatkan Insomnia

Insomnia atau penyakit sulit tidur biasanya dialami oleh orang-orang yang mengalami stress. Tapi insomnia juga bisa menyerang orang yang sering begadang karena mereka memiliki kebiasaan yang mengubah jam biologis tidur.

Akibatkan Diabetes

Orang yang sering begadang cenderung sering makan atau ngemil di malam hari. Tentu kebiasaan ini akan membuat berat badan mereka melonjak. Salah penyakit yang dapat menyerang penderita obesitas adalah penyakit diabetes yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Akibatkan Anemia

Kebiasaan begadang dapat menyebabkan anemia. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mampu meregenerasi sel darah merah secara keseluruhan.

Akibatkan Stress

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin atau sering disebut hormon kebiasaan, yang hanya bisa diproduksi tubuh saat tidur. Karena itu orang yang kurang tidur akan lebih mudah marah, bingung, sulit berkonsentrasi, hingga stress.