Hawaii di Maluku, Yuk ke Pantai Ora

By on March 27, 2015

Indonesia merupakan negara maritim dengna luar perairannya yang tiga kali lebih luas dibanding daratannya. Dengan luas yang dimiliki perairan Indonesia, pastinya menyimpan banyak keindahan-keindahan yang belum pernah tereksplor luas, baik itu keindahan dunia bawah air atau keindahan pantai-panta tersembunyi di Indonesia. Ditambah dengan ribuan pulau tak diketahui,semakin menambah misteri keindahan pantai-pantai Indonesia.

Jika di daerah Indonesia Tengah dan Timur, kita hanya mendengar keindahan pantai-pantai di Bunaken dan Raja Ampat, cobalah sesekali kita mengunjungi Maluku. Daerah yang terkenal dengan kesenian bambu gilanya ini ternyata juga memiliki panta-panta yang eksotis yang tak jauh beda indahnya dengan pantai-pantai saudaranya sesama di daerah Indonesia Tengah dan Timur. Bahkan kecantikannya bisa dibandingkan dengan kepulauan Hawaii.

Pantai Ora namanya, pulau yang terletak di Taman Nasional Manusela, Pulau Seram, Maluku ini merupakan surga tersembunyi. Anda harus menggunakan kapal bermotor selama 15 menit untuk mencapai Pantai Ora karena memang tak ada jalan darat ke pantai ini.

Semua kelelahan anda selama perjalanan akan terbayarkan dengan eksotiknya terumbu karang warna-warni bahkan sebelum anda menjejakan kaki di Pantai Ora. Semakin membuat bersemangat untuk mengeksplore Pantai Ora. Dengan airnya yang sangat jernih, anda bisa melihat ikan-ikan dan koral-koral yang berwarna-warni dari atas perahu, sangat menkajubkan. Saat malam hari, anda bisa duduk di pinggir pantai sambil melihat bintang yang berkerlap-kerlip layaknya mutiara bersinar di lautan yang luas.

Deretan cottage Ora Beach Resort semakin melengkapi keindahan Pantai Ora. Dengan perpaduan antara cottage kayu yang berdiri di atas air yang hijau kebiru-biruan yang sangat jernih dan berlatar belakang perbukitan hijau dari Taman Nasional Manusela menjadikan pemandangan Pantai Ora begitu fantastis.

Tempatnya yang jauh dari keramaian, menjadikan Pantai Ora menjadi tempat yang sangat cocok bagi anda yang bosan dengan hiruk pikuk kota besar. Apalagi bagi anda yang ingin berbulan madu, tempat yang indah, tenang dan romantis ini bisa menjadi salah satu kenangan tak terlupakan dengan pasangan anda.

Anda bisa melakukan banyak hal disini, selain bersantai sambil menikmati keindahan Pantai Ora, anda bisa snorkeling di sekitar pantai Ora, tapi sebaiknya anda tidak melakukan snorkeling di area dangkal, karena akan merusak terumbu karang dan juga disini tidak ada tempat penyewaan peralatan snorkeling, jadi lebih baik jika anda membawa peralatan anda sendiri. Jika anda sudah puas menjelajah kehidupan biota laut, anda bisa mencoba menjelajah hutan tropis Taman Nasional Manusela.

Akomodasi di Pantai Ora sudah disediakan oleh Ora Beach Resort, seperti cottage dan restaurant. Tapi jika anda mau berkemah di Pantai Ora, anda bisa membawa konsumsi sendiri, karena disini tidak ada warung-warung penjual makanan.

Untuk menuju Pelabuhan Tulehu dari Bandara Patimura Ambon, Anda bisa menggunakan angkutan umum. Dari sana Anda bisa menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai (Masohi) dengan kapal. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pelabuhan Amahai dari Pelabuhan Tulehu sekira 2 jam. Setibanya di Pelabuhan Amahai, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan umum selama 2 jam untuk menuju Desa Sawai di Kabupaten Maluku Tengah. Untuk menuju Pantai Ora dari Desa Sawai, Anda hanya perlu menyeberang dengan kapal motor saja selama 15 menit. Anda tertarik menuju Hawaii Maluku ini? (foto: btravindonesia)