Mapan Tak Kunjung Datang? Ini Alasannya

By on August 25, 2015

MAPAN

Sebagian besar dari kamu menjadikan kesuksesan dan kemapaman dalam hidup mereka menjadi tujuan hidup. Salah satu cara untuk meraihnya dengan mendapatkan pekerjaan, dan tentu gaji yang lumayan. Namun, tak jarang juga orang yang sebenarnya sudah memiliki pekerjaan dengan gaji yang lebih dari cukup, tapi tetap saja merasa kekurangan bahkan kehabisan uang dan sampai berhutang untuk menyambung hidupnya pada akhir bulan. Memang sedikit banyaknya uang berpengaruh tetapi lebih dari itu adalah manajemen atau pengaturan terhadap pengelolaan atau penggunaan uang itu yang tak kalah penting. Lalu saja yang perlu diperbaiki ? Apa sebenarnya yang salah ? Kenapa kamu tak kunjung hidup mapan? Yuk cari tau penyebabnya :

Penyebab Hidup Tak Kunjung Mapan

1. Gaya Hidup

Gaya hidup termasuk hal yang mempengaruhi keuangan kamu lho. Kalau kamu termasuk orang yang suka menghambur-hamburkan orang, selamanya kamu tidak akan pernah hidup mapan. Gaya hidupmu yang konsumtif akan memperburuk keadaan keuanganmu. Uang yang harusnya dibeli untuk memenuhi kebutuhan, digunakan untuk membeli benda-benda yang sebenarya tidak terlalu penting, dan hanya berdasar keinginanmu saja.

2. Membeli barang-barang mewah karena memburu pujian

Saat kamu baru saja membeli barang mewah, misalnya saja smartphone terbaru, tentu beberapa teman memujinya karena mampu membelinya. Seakan-akan mereka menganggapmu orang berada. Inilah niatan yang sejak awal sudah tidak benar.

3. Tidak menganggap penting mencatat pengeluaran

Meskipun kita bukanlah seorang akuntan, tapi setidaknya mencoba untuk mengatur keuanganmu sendiri. Contoh sederhanannya kamu bisa mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu. Memang terkadang malas melakukannya, namun jika kamu tidak melakukannya, kamu tidak akan tau kemana saja uangmu itu digunakan.

4. Mudah tergiur untuk hangout bersama teman

Sah-sah saja kalau kamu menggunakan uangmu untuk hangout bersama teman, tapi kamu juga harus ingat kemampuan keuanganmu. Jangan sampai kamu berhutang di akhir bulan gara-gara uang jatah sampai akhir bulanmu sudah habis gara-gara terpakai untuk nongkrong di café atau nonton di bioskop.

mapan

sumber: moviespix.com

5. Kamu sudah menabung?

Selain membuat keuangan kamu aman, menabung juga salah satu jalan mtnuju hidup mapan. Kamu dapat menggunakan tabunganmu jika saja ada pengeluaran darurat, atau di akhir bulan kamu sudah kehabisan uang, sehingga kamu tidak perlu berhutang pada orang lain.

6. Tidak berani berbisnis atau berinvestasi

Untuk berinvestasi memang hal yang beresiko, jika kamu seorang karyawan, maka pendapatanmu akan segitu-gitu saja. Tapi kalau kamu berani berinvestasi, jalan untuk hdup mapan dan sukses akan terbuka lebih lebar. Memang butuh usaha yang lebih untuk menjadi seorang pergawai sekaligus wiraswastawan.

7. Tidak memiliki rencana yang jelas untuk masa depan

Jika seseorang yang tidak memiliki planning keuangan yang jelas untuk masa depannya, maka dia akan menggunakan uangnya seenaknya saja. Jadi bagi kamu yang masih usia muda tapi sudah punya penghasilan, atur baik-baik keuanganmu. Buat rencana keuanganmu, karena kamu tidak selamanya mendapat penghasilan. Seiring betambahnya umur kamu, maka hal-hal lain juga ikut berubah, termasuk saat kamu harus memasuki usia pensiun.

8. Kurang berbagi dengan sesama

Berbagi dengan sesama juga tidak boleh kamu lupakan untuk menuju hidup yang mapan. Kamu hidup tidak sendirian. Dibanding menggunakan uangmu untuk hal yang tidak berguna, cobalah untuk membaginya dengan orang lain. Kamu memang tidak secara langsung mendapat balasan dari mereka, tapi yakinlah Tuhan memperhitungkan apa yang kamu lakukan. Yakinlah bahwa membantu orang lain itu tidak akan membuatmu miskin, malah semakin menambah hartamu.