Hutan Pinus Mangunan, Merasakan Scenery Twilight di Jogja

By on October 27, 2015

Beberapa minggu terakhir ini baik twitter, facebook, maupun Instagram yang berkaitan dengan Jogja sering kali memunculkan foto-foto di Hutan Pinus Mangunan. Scenery hutan-hutan pinus yang biasa ditemukan di luar negeri ini justru muncul dari pinggiran Kota Jogja. Tentu saja banyak yang penasaran sebenarnya dimana letak hutan pinus tersebut.

Hutan Pinus Mangunan, itulah nama area hutan pinus yang berada di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) yang berada di Mangunan. Hutan pinus tersebut ditumbuhi oleh pinus jenis Merkusii. Lokasinya yang searah dengan makam raja-raja Imogiri sering membuat orang salah menyebutnya dengan Hutan Pinus Imogiri, pada secara administrative hutan tersebut tidak terletak di kawasan Imogiri.

Awalnya Ini adalah Daerah yang Tandus

Sebelum menjadi destinasi wisata, hutan tersebut merupakan kawasan tandus yang kemudia direboisasi. Kawasan hutan seluas 500 Ha tersebut tak hanya ditanami oleh pohon pinus saja, ada jenis pohon lain seperti akasia, kemiri, mahoni, dan kayu putih. Suasana hutan yang asri inilah yang menarik para wisatawan yang ingin berelaksasi dari penatnya kesibukan sehari-hari dan ingin mencari suasana bari dari wisata di Jogja. Tak hanya kawasan hutan pinus yang menjadi daya Tarik wisatawan, ada juga mata air Bengkung yang dipercaya sebagai tempat bertapa Sultan Agung Hanyakrakusuma yang menarik para peziarah.

Hutan Pinus Mangunan

sumber: 1001malam.com

Suasan hutan pinus yang mirip dengan hutan pinus di serial Twilight menjadi lokasi favorit pada penggila fotografi dan pecinta selfie. Tak jarang banyak pasangan yang akan menikah melakukan foto-foto prewedding di lokasi hutan pinus ini.

Rute Menuju ke Hutan Pinus Mangunan

Untuk menuju Hutan Pinus Mangunan cukup mudah, kamu bias mengambil arah menuju kebun buah mangunan. Kalau kamu dari arah Giwangan, ambil arah menuju Imogiri timur. Ikuti jalan sampai bertemu petunjuk arah menuju Kebun Buah Mangunan. Sebelum sampai di Kebun Buah Mangunan, ada pertigaan menuju Dlingo dan Pathuk. Kamu ambil arah Pathuk, hutan pinus mangunan berada di sebelah kanan jalan.

Rute kedua yaitu melali jalan wonosari yaitu setelah sampai pada pos polisi pathuk anda ambil jalan ke kiri atau arah selatan yaitu menuju arah Dlingo. ikuti jalan ini saja nanti akan sampai pada kawasan Hutan Pinus Imogiri.