Indahnya Danau Segara Anak di Puncak Gunung Rinjani

By on October 8, 2014

Tak ada yang lebih membahagiakaan bagi siapapun yang telah lelah mendaki, dan menemukan sumber air dihadapan mereka. Apalagi kalau sumber air tersebut berupa danau yang sangat luas. Danau Segara Anak, bagi para pendaki sejati yang pernah singgah di Gunung Rinjani pastinya tak asing dengan danau luas ini.

Gunung Rinjani yang berada di Lombok merupakan target impian yang harus dijalani selagi memiliki kesempatan. Tak hanya ketinggiannya saja yang menantang para pendaki untuk menaklukannya, Gunung Rinjani juga terkenal memiliki panaroma luar biasa indah apabila dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Indonesia. Sepanjang jalur pendakian, mata Anda akan dimanjakan panorama alam di bawah pegunungan meliputi pemandangan sekitar Lombok, Flores, bahkan Bali.

Danau Segara Anak merupakan danau kawah Gunung Rinjani, berada di ketinggian sekira 2.008 mdpl dengan luas mencapai 1.100 hektar dan kedalaman sekitar  160 – 230 meter. Di tengah danau terdapat anak Gunung Rinjani, Gunung Baru Jari dengan ketinggian 2.376 mdpl. Gunung ini masih terbilang aktif dan terakhir meletus pada 2009, karena itu saat mengunjungi danau ini dan mendaki Rinjani, harus hati-hati dan memperhitungkan rutinitas gunung berapi ini.

Mengingat gelarnya yang menjadi primadona di Kawasan Gunung Rinjani, tentunya Danau Segara Anak menjadi tepat yang tak boleh dilewatkan dan masuk dalam rute pendakian menuju Puncak Gunung Rinjani. Danau yang berwarna kebiruan ini pun kaya akan ikan yang boleh dan bebas dipancing oleh pendaki dan masyarakat lokal. Di sekitar Danau Segara Anak, Anda juga dapat menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda. Beristirahat sebari mencelupkan kaki-kaki ke dalam kolam air panas. Menurut kepercayaan suku Sasak, air dari sumber aiar panas itu dapat menjadi obat segala macam penyakit. (Hikari/ensiklopediaindonesia) (foto: trekinrinjani)