Kloset Jongkok Lebih Baik Dari Kloset Duduk

By on July 29, 2015

kloset jongkok

Seiring perkembangan modelnya, kini kloset bukan hanya berbentuk jongkok namun juga terdapat kloset duduk untuk memudahkan pengguna. Faktanya karena alasan dianggap lebih modern, kini kloset jongkok mulai tersingkir keberadaannya. Di tempat umum, mall, kantor, hotel, sampai sekolah dan kost-kostan kini lebih memilih kloset duduk dibanding kloset jongkok untuk diaplikasikan di toiletnya. Padahal menurut kesehatan, kloset jongkok jauh lebih baik dibanding kloset duduk. Jadi jika kamu suatu saat menemukan dua toilet ini disatu tempat, kamu bisa memilih toilet jongkok demi kesehatanmu. Berikut beberapa alasan ditinjau dari segi kesehatan mengapa kloset jongkok lebih baik dan lebih dianjurkan daripada kloset duduk.

Alasan Kloset Jongkok Lebih Baik dari Kloset Duduk

1. Posisi yang lebih alami untuk buang air besar adalah posisi berjongkok

kloset

Pada anus, terdapat saluran yang terkunci oleh otot puborectalis. saat buang air besar dengan posisi duduk, maka kuncian tersebut malah semakin mengencang dan saluran tersebut menjadi bengkok, sehingga mau tak mau, kamu akan merasa tidak nyaman saat buang air besar.

Sedangkan saat buang air besar dengan posisi jongkok, otot puborectalis akan terbuka dan otomais salurannya juga ikut terbuka, sehingga merasa lebih nyaman saat buang air.

2. Kamu lebih menghemat energi untuk mengejan saat buang air dengan berjongkok

Jika saluran pembuanganmu lancar, tentu saja kamu tak perlu susah payah untuk mengejan. Karena jika terlalu keras mengejan, it akan membuat anusmu tidak nyaman setelah buang air besar.

3. Terhindar dari penyakit wasir

Wasir merupakan peradangan yang terjadi pada pembuluh vena di anus atau rektum. Jika kamu terlalu sering mengejan dengan keras saat BAB, maka hal tersebut tidak bagus untuk bagian anusmu, sehingga resiko terkena wasir pun semakin besar. Wasir bisa mengganggu aktivitas sehari-harimu jika tidak segera ditangani. Lama-lama akan semakin bengkak sehingga dibutuhkan tindakan operasi.

4. Lebih cepat menyelesaikan urusanmu di toilet

Jika kamu tidak kesulitan mengejan saat buang air, tentu saja urusanmu di toilet juga akan cepat selesai. Karena itu, kloset jongkok cocok bagi orang sibuk atau kamu yang suka kebelet saat tengah malam. Lagipula siapa yang mau lama-lama berjongkok di kloset.

Meski dianggap tidak kekinian, ternyata kloset jongkok lebih baik dibanding kloset duduk ditinjau dari segi kesehatan.