Ini Caranya Menghadapi Pasangan yang Posesif

By on July 27, 2015

posesif

Saat berhubungan dengan seseorang, tentu sebisa mungkin kita menjaga hubungan dengan sebaik-baiknya. Namun kadang cara menjaga hubungan ini terlalu berlebihan sehingga membuat kita kurang nyaman. Sikap berlebihan ini biasa dikenal dengan sebutan ‘posesif’. Biasanya sikap posesif timbul karena perasaan insecure atau tidak aman terhadap hubungan yang dijalani. Mereka yang memiliki sifat ini merasa khawatir jika saja pasangannya meninggalkan mereka.

Sifat posesif mereka terlihat dari bagaimana mereka ingin selalu ingin bertemu dengan pasangannya, emburu buta, dan selalu mengontrol kegiatan pasangan, ataupun selalu menghubungi pasangannya. Bagi kamu yang memiliki pasangan posesif, ada lho trik-trik untuk menghadapai mereka:

Begini cara menghadapinya

1. Meyakinkannya

Bila kalian saling mencintai, tentu saja tidak perlu untuk saling mencurigai. Jika pasangan kamu belum yakin dengan perasaan kamu sebenarnya, tugasmu adalah meyakinkannya. Misalnya dengan menjaga rasa percayanya padamu.

2. Terbuka pada pasangan

Sampaikan pada pasanganmu kalau perlakuan posesifnya itu tidak membuatmu nyaman, tentu saja dengan bahasa yang baik dan berikan alasanmu agar tidak ada salah paham diantara kalian.

3. Memberi pujian

Kadang sikap posesif muncul karena adanya rasa khawatir, bisa saja ia bersikap seperti itu karena ia takut kehilanganmu. Karena itu, coba puji ia dengan hal-hal yang membuatmu jatuh cinta padanya sehingga rasa percaya dirinya akan dicintai olehmu muncul kembali.

posesif

sumber: breaktime.co.id

4. Meluangkan waktu bersama

Salah satu penyebab munculnya sikap posesif adalah kurangnya intensitas kalian untuk bertemu. Kesibukan kalian yang menyita waktu sehingga jarang berkumpul tak jarang juga bisa memunculkan rasa curiga. Karena itu luangkan waktu bersamanya tanpa menganggu kegiatanmu yang lain.

5. Bersikap tegas

Saat sifat posesifnya sudah keterlaluan, kamu harus berani untuk bertindak tegas. Usahakan tidak selalu menuruti keinginannya.

6. Menerima dia apa adanya

Jika sikap posesif itu memang sifatnya dan kamu sudah memahaminya, maka saatnya kamu menerima dia apa adanya. Nikmati saja keposesifannya terhadapmu.

7. Mengakhiri hubungan

Jika kamu sudah memintanya untuk mengubah sikap posesifnya, namun ia tidak berubah malah semakin menjadi-jadi, maka mengakhiri hubungan adalah pilihan yang tepat. Jangan mempertahankan hubungannmu karena terjebak perasaan cinta.