Ini Dia List Tempat Wisata yang Ada di Kulonprogo

By on May 27, 2015

Wisata yang Ada di Kulonprogo

Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Yogyakarta. Kulonprogo merupakan kabupaten terbarat dari Yogyakarta dan berbatasan dengan Purworejo, Jawa Tengah. Meski agak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, buka berarti Kulonprogo tidak memiliki tempat wisata menarik. Justru tempatnya yang agak jauh dari kota dan terletak di dataran tinggi ini menjadi pilihan wisata yang berbeda di Yogyakarta. Kebanyakan tempat wisata di Kulonprogo berada di pegunungan, meski ada beberapa juga yang berada di area pantai. Udara yang sejuk dan segar bisa menjadi pilihan bagi anda yang bosan dengan wisata kota. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Kulonprogo.

Yuk dipilih mau kemana kita

Objek Wisata Pantai Glagah Kulon Progo

Pantai Glagah menjadi salah satu objek wisata pantai favorit di Kulon Progo Pantai Glagah terletak sekita 40 km dari pusat Kota Jogja, atau sekitar 15 km dari kota Wates, ibukota Kulonprogo.

Objek Wisata Alam Hutan Wisata Kalibiru Kulonprogo

Dari semua objek wisata yang ada di Kulonprogo, Desa Wisata Kalibiru menjadi yang paling favorit. Selain menikmati keindahan alam Jogja dari ketinggian, disini wisatawan juga bisa melakukan banyak kegiatan seperti outbond.

Wisata yang Ada di Kulonprogo

sumber: irhamfaridh.com

Tempat Wisata Gua Kiskendo Kulonprogo

Gua Kiskendo kulonprogo terletak di Desa Jatimulyo yang berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Yogya. Objek wisata gua Kiskendo merupakan komplek wisata yang terdiri dari beberapa tempat yang menjadi cikal bakal gua Kriskendo tersebut. ada beberapa tempat wisata yang jaraknya tak jauh dari Gua Kiskendo seperti Gua Sumitro, Grojogan Sewu, Watu Blencong, Gunung Krengseng, Watu Gajah, Gunung Kelir.

Tempat Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

Waduk Sermo merupakan objek wisata waduk satu-satunya di Jogja. Memiliki luas kurang lebih 157 Ha, Waduk Sermo terletak di Hargowilis (5 Km dari wates, 36 Km dari Jogja). Dengan berlatar belakang hutan dan pegunungan Menoreh pengunjung dapat berkeliling menikmati panorama waduk dengan perahu wisata.

Tempat Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo

Puncak Suroloyo terletak di puncak tertinggi di pegunungan menoreh. Berada di puncak tertinggi dengan pemandangan menakjubkan dan udara yang sangat segar, Puncak Suroloyo menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Kulon Progo karena keindahannya.

Para pengunjung objek wisata puncak Suroloyo bisa menikmati Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu. Gunung Sindoro, Gunung Sumbing di sisi utara dan Kota Jogjkarta serta Samudera Hindia di sisi selatan.

Objek Wisata Sejarah Makam Astana Girigondo Kulon Progo

Tempat wisata Makam Astana Girigondo merupakan makam keluarga Paku Alam yang letaknya berada di pegunungan Menoreh memiliki pemandangan pegunungan dan perbukitan yang indah.

Tempat Wisata Keluarga Pemandian Clereng Kulon Progo

Tempat rekreasi liburan favorit di Kulon Progo adalah pemandian Clereng yang letaknya tidak jauh dari Wates yaitu di desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo. Tempat wisata ini merupakan pemandian yang berbentuk kolam seperti kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang bersih. Menurut kepercayaan dari penduduk sekitar bahwa kalau mandi di pemandian Clereng akan memberikan keselamatan, dan terdapat kebaikan-kebaikan yang lain.