Jangan Terlalu Memilih Pekerjaan Setelah Lulus, Maka Keuntungan Ini akan Kamu Dapatkan

By on July 11, 2015

memilih-pekerjaan

Keinginan untuk segera bekerja setelah lulus kuliah selalu dirasakan oleh para sarjana. Tentu saja, tak sedikit dari mereka beridealisme harus mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Hingga hal ini yang menyebabkan banyak para lulusan sarjana yang menganggur. Kebanyakan mereka tidak mau menerima pekerjaan yang setidaknya bukan di bidang mereka atau karena alasan kurang bonafitnya pekerjaan tersebut. Padahal, jika idealisme itu disingkirkan sejenak dan menerima pekerjaan apapun, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Karena di era jaman sekarang ini mencari pekerjaan tidak harus sesuai dengan bidang jurusannya. Selain itu lebih baik bekerja daripada nganggur sama sekali. karena dengan kita bekerja kita akan mendapat penghasilan dan tidak akan merepotkan orang lain.

inilah keuntungannya jika kita tidak terlalu mimilih pekerjaan

1. Sebagai batu loncatan

Saat kamu mendapatkan sebuah pekerjaan meski tak sesuai keinginan, anggap saja pekerjaanmu ini sebagai batu loncatan untuk pekerjaan yang akan datang. Dunia pekerjaan terbilang keras bagi yang belum pernah merasakannya, karena itu pekerjaanmu yang sekarang bisa menjadi ajang penempaan skill dan mental untuk mempersiapkan diri untuk bekerja di tempat yang kamu inginkan. Lagi pula tidak ada ruginnya jika kamu sudah bekerja. Dibanding menganggur sambail menanti pekerjaan yang diinginkan tentu saja tak ada dunanya. Dengan bekerja, kamu bisa mendapatkan pemasukan, menambah koneksi, dan mendapattkan pengalaman.

2. Memiliki koneksi luas

Saat kamu bekerja, tentu saja kamu juga akan bertemu dengan banyak orang baru dan menjalin pertemanan. Ini berati kamu juga akan memiliki koneksi yang luas dengan mereka. Siapa tahu, salah stu dari mereka akan menjadi pintu menuju pekerjaan yang kamu dambakan selama ini.

memilih pekerjaan

3. Akan bertambah ilmu dan skill yang didapat

Meski kamu telah memperoleh ilmu yang cukup dari bangku kuliah, bukan berartikamu berhenti untuk belajar. Saat kamu terjun ke dunia kerja, kamu akan mulai belajar dari nol lagi. Termasuk masuk perusahaan besar. Kamu tetap belajar dari basic, hingga ilmu yang kamu dapat menjadi ilmu pendukung dalam pekerjaanmu. Jika pekerjaan yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan bidang yang kamu kuasai, justru itu bisa menjadi nilai plus bukan. Kamu akan belajar banyak hal baru melalui pekerjaanmu yang kamu tidak dapatkan di bangku kuliah.

4. Menambah pengalaman

Ketika kamu memperoleh pekerjaan yang berbeda dari bidangmu, tentu saja ini bukan hal yang merugikan. Justru dari sini kamu akan mendapat pengalaman baru. Dan saat kamu menulis CV untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan, pengalaman kerja sangat berpengaruh disini. Minimal bisa memperpanjang CV sehingga kamu akan lebih dipertimbangkan dibandingkan mereka yang sama sekali tidak memiliki pengalaman.

5. Mengetahui potensimu yang sebenarnya

Dengan menjajal berbagai pekerjaan, maka kamu bisa mengetahui apa sebenarnya potensi terpendammu. Kamu bisa mengetahui kelemahan dan kelebihanmu. Contohnya saja jika kamu lulusan teknik, tapi ternyata kamu lihai dalam bidang marketing. Jika kamu tidak mengambil tawaran pekerjaan sebagai marketing, tentu saja kamu tidak akan mengetahui skill terpendammu ini bukan?

6. Mandiri

Jika kamu belum berkeluarga, maka besaran gaji tidak terlalu penting. Yang penting kamu sudah bisa menghidupi dirimu sendir tanpa meminta lagi ke orang tua. Banyak para sarjana yang menolak tawaran kerja karena gajinya yang tak sesui dengan yang diharapkan. Saat kamu belum berkeluarga, besaran gaji bukan faktor pertama kamu mencari pekerjaan. Lagipula, pekerjaanmu yang sekarang tidak untuk selamanya, jadi kamu tak perlu mengkhawairkan besaran gaji yang kamu terima.

Hal ini tentu saja juga membuat orang tuamu bangga. Kamu bisa menunjukan kepada mereka bagaimana kamu telah dewasa dan mandiri. Orang tuamu akan bangga melihat anaknya bekerja keras untuk menghidupi dirinya sendiri dan tak memilih menjadi pengangguran. memilih pekerjaan itu baik karena memang harus sesuai dengan passion kamu, tapi jangan jadi orang yang terlalu pemilih.