Kedung Pedut, Kulonprogo’s Blue Waterfall

By on November 11, 2015

Kamu suka jalan-jalan di Jogja tapi masih ngubek-ngubek wisata kotanya aja? Hey, Jogja itu luas lho, ada 5 kabupaten yang semuanya punya tempat wisata yang sayang kalau kamu lewatin. Kalo kamu suka stalking socmed Jogja, pastinya kamu sering melihat kolam berwarna biru dengan jembatan bamboo dan air terjun yang jernih bukan? Tempat tersebut memang popular akhir-akhir ini. Berlokasi di Kulon Progo, warga sekitar menyebutnya Kedung Pedut. Disana ada air terjun yang disampingnya ada kedung yang biasanya dijadikan untuk berenang para pengunjung. Ajak teman, sodara, keluarga, atau pacar anda kesini untuk sekedar merasakan kesegaran air yang jatuh atau sekalian mandi. Jangan lupa bawa baju ganti ya teman-teman.

Warna Air yang Biru

Air Terjun Kedung Pedut terletak di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Air terjun ini terkenal kecantikannya karena dia memiliki dua warna air, yaitu putih jernih dan hijau tosca. Jika dilihat dari foto-foto yang tersebar, tentu banyak yang mengira kalau foto tersebut hanya editan, tapi faktanya itulah gambaran sebenarnya Air Terjun Kedung Pedut ini. Cantik bukan? Warna-warna tersebut muncul karena adanya pengaruh batuan dasar di sekitar sungai.

Selain air tejun dan sungai yang jernih, di Kedung Pedut juga terdapat kolam alami mirip lagoon. Kolam ini merupakan cekungan di sungai, atau biasa disebut ‘kedung’. Dalamnya kedung ini memiliki kedalaman sekitar 1.5 meter atau sekitar dada atau leher orang dewasa. Wisatawan dapat bermain air di kedung ini, sedangkan area sekitar air terjun hanya dijadikan sebagai tempat untuk berfoto dan menikmati pemandangannya saja. Di sekitar kolam alami ini, terdapat jembatan bambu yang dapat digunakan untuk duduk-duduk setelah bermain-main di kolam.

Sumber: shobek-corp.blogspot.com

Sumber: shobek-corp.blogspot.com

Meskipun lokasi wisata ini baru dibuka, namun fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Jalan menuju lokasi air terjun masih berupa jalan setapak, tapi justru disitulah keasyikannya. Dengan semua kealamian yang masih terjaga, membuat perjalanan menuju Kedung Pedut semakin menarik. Jangan lupa bagi para pengunjung, harap ikut menjaga kebersihan.

Untuk menuju lokasi Kedung Pedut, berikut rute yang dapat ditempuh dari arah Tugu Jogja

Rute Menuju ke Air Terjun Kedung Pedut

Tugu Jogja ambil arah Barat – Perempatan Bangjo Ringroad Barat Demak Ijo – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Nanggulan – Pasar Kenteng – Tanjakan pegunungan menoreh – pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo – Pasar Jonggrangan – Goa Kiskendo – Pertigaan setelah Goa Kiskendo ambil kiri – Pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri – Air Terjun Kembang Soka – Pertigaan Setelah Gerbang Masuk Air Terjun Kembang Soka ambil kiri – Air Terjun Kedung Pedut.

Dari lokasi parkir, kamu masih harus berjalan sekitar 15 menit, melewati jalan setapak menuruni lembah. Di sepanjang ada beberapa warung untuk sekedar membeli makanan dan minuman. Setelah samapi di lokasi, kamu tinggal menyebrangi sungai dan sampailah di air terjun Kedung Pedut.