Kue Putu, Si Empuk yang Manis dan Gurih

By on October 20, 2015

kue putu

Anda pecinta kuliner tradisional? Belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Dibaluti gula jawa serta parutan kelapa diatasnya menambah cita rasa makin gurih dan memiliki aroma yang khas. Serta wadah yang terbuat dari daun pisang menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kuliner tradisional. Yups, Kue Putu Bambu. Jika membahas mengenai kuliner tradisional manis dan gurih ini memang akan membuat lapar mata dan lapar perut. Terlebih ketika perut dalam keadaan kosong dan tengah musim penghujan. Kue putu bambu merupakan jajanan khas Indonesia yang saat ini jarang ditemui, penjual putu bambu kini sudah semakin tersingkir dengan jajajan lain yang lebih modern. Kue putu ini dimasak atau dibuat dengan menggunakan potongan bambu, sehingga dinamai Kue Putu Bambu. Jika penjual putu bambu melintas depan rumah anda, anda akan mendengar bunyi nyaring seperti bunyi peluit yang ditiup keras-keras sekilas mirip bunyi siulan yang nyaring, inilah yang menjadi ciri khas jajanan ini sehingga mudah dikenali.

Kue Putu Bambu

info-kuliner.com

Bahan-bahan Kue Putu

Bahan-bahan untuk membuat Putu sendiri tradisional sekali, beras yang dihaluskan dicampur sedikit tepung ketan sehingga berbentuk serupa bubuk, kemudian bubuk ini dimauskkan ke dalam bumbung bambu atau cetakan bambu yang sudah dipotong-potong dengan ukuran tertentu, kemudian ditambahi serutan gula merah / gula jawa lalu dipanggang diatas kaleng minyak yang sebelumnya dilubangi untuk mengantarkan hawa panas dari uap air yang ada dibawahnya untuk mematangkan adonan dari putu tadi.

Keunikan lainpun datang dari cara mengeluarkan kue putu dari cetakan bambunya, setelah matang putu harus didorong menggunakan kayu yang berukuran serupa lubang bambu, kemudian disajikan dengan parutan kelapa diatas daun pisang. Dari aromanya saja sudah menggoda, rasanya pun sedap di lidah, perpaduan rasa gurih asin dan manis ini cocok dinikmati selagi kue putu masih  hangat, terlebih ketika gula merah yang tercampur dalam adonan mencair dan meleleh dari bagian tengah dalam kue ketika Putu dibelah dua, hmmm… it’s so Yummy!