Legenda Batu Cinta di Tengah Danau, Situ Patenggang Ciwidey

By on August 11, 2014

Daerah Ciwidey, Bandung memang memiliki beberapa tempat wisata menarik yang sayang jika tidak dikunjungi. Pastinya Anda pernah mendengar Kawah Putih Ciwidey atau Wisata ‘Petik Sendiri Strawberrymu’ Ciwidey, keduanya merupakan daya tarik wisata dari daerah Ciwidey yang sangat terkenal. Selain dua tempat itu, ada juga Situ Patenggang yang memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan kedua saudaranya itu.

Situ Patenggang atau Situ Patengan merupakan sebuah danau yang berada di kaki Gunung Patuha, Kabupaten Bandung. Situ Patenggang merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup digandrungi di kawasan Ciwidey. Biasanya setelah mengunjungi Kawah Putih, para wisatawan juga tak ketinggalan untuk menikmati alam khas Bandung lainnya di kawasan Situ Patenggang. Terlebih dengan adanya ada ”batu cinta” yang menjadi daya tarik pengunjung. Batu cinta terletak di pulau yang ada di tengah situ, yakni Pulau Sasuka atau orang sering menyebutnya sebagai Pulau Asmara. Batu cinta ini mengiringi legenda Situ Patenggang.

Konon, air Situ Patenggang berasal dari Sungai Cirengganis ini merupakan kumpulan air mata dari pasangan Dewi Rengganis dan Ki Santang, yang cintanya tak bisa bersatu karena suatu keadaan. Namun, mereka akhirnya bisa kembali bertemu pada sebuah batu setelah sekian lama saling mencari. Batu inilah yang kelak dinamakan batu cinta.

Mitos pun mewarnai Situ Patenggang, konon bagi pasangan yang berkunjung ke batu itu, cinta mereka akan abadi. Nama Patengan pun diduga diambil dari kisah pasangan dalam legenda tersebut, yaitu dari kata pateangan-teangan yang dalam bahasa Sunda berarti saling mencari.

Selain Batu Cinta, Situ Patenggang memiliki pesonanya sendiri. Dengan tempatnya yang berada 1600 dari permukaan laut, pastinya udara disini sangat segar dan sejuk. Saat Anda menjejakan kaki disini, Anda akan disambut oleh hamparan kebun the yang hijau, danau berair tenang yang sangat luas.

Banyak hal yang bisa dilakukan disini, Anda bisa menyewa perahu untuk menjelajah situ ini, atau Anda bisa menyewa sepeda air. Setelah puas mengeksplor situ, Anda bisa duduk-duduk bersama keluarga di pinggir situ sambil menikmati bekal anda. benar-benar pengalaman liburan yang sangat menyenangkan bukan.

Lokasi Situ Patenggang terletak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di bagian selatan kota Bandung di Ciwidey. Untuk mengunjungi tempat ini, setelah keluar dari pintu tol Kopo atau Buah Batu, Anda menuju ke arah selatan Bandung. Beberapa petunjuk jalan menuju Ciwidey atau Kawah Putih bisa Anda ikuti untuk menuju tempat ini. (Ensiklopediaindonesia.com)