Lezatnya Tongseng Buntel Khas Solo

By on August 14, 2014

Tidak terlalu suka dengan tengkleng Solo? Coba deh menu kuliner Sate Kambing di Solo tepatnya di daerah Pasar Kliwon. Disini merupakan sentra sate kambing di Solo. Pasar Kliwon yang dikenal sebagai kampoeng Arab ini cukup menarik untuk dikunjungi selagi berwisata di Kota Budaya.

Salah satu warung Sate di sini yang cukup terkenal dan menurut banyak orang ‘recommended’ adalah warung sate Kambing Min Sinthong. Walau warung ini sederhana hanya dijumpai meja kecil beserta kursi plastik, namun jangan salah Sate Kambing disini cukup untuk menggetarkan lidah anda.

Menu andalan disini adalah sate dan tongseng buntel. Wah kalau anda baru mendengar buntel pasti kurang begitu mengerti ya? Buntel maksudnya dibungkus atau dibuntel. Sebelum dimasak menjadi tongseng atau sate, daging kambing disini dicincang lalu dibakar dengan cara dibuntel dengan lemak perut kambing… saat dibakar inilah lemaknya meresap ke dalam daging. Bila anda doyan dengan makanan pedas, sangat disarankan untuk memesan tongseng dengan ekstra cabai pedas, dijamin bias membuat anda menjadi makin melek, satu lagi kuah tongseng disini memang kental namun tidak begitu melimpah, cocok bagi anda penggemar tongseng.

Anda dapat menikmati satu porsi tongseng buntel ini hanya dengan merogoh kocek Rp. 15.000 lengkap dengan nasi. Selamat menikmati wisata kuliner di Kota Solo.

Faisal Agata (ensiklopediaindonesia.com) photo (tembi.net)