Lotek, Salad Sayur Asli Indonesia

By on February 28, 2015

Makanan-makanan tradisional Indonesia memang dikenal dengan bahan-bahannya yang hampir semuanya berasal dari sayuran, entah itu mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, di tumis, ataupun hanya direbus. Nah salah satu kuliner sayuran  tradisional Indonesia  yang sudah sangat dikenal di seantero Indonesia adalah Lotek.

 Lotek merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah ada sejak jaman dulu. Lotek merupakan makanan tradisional yang berupa sayuran yang di bumbui oleh bumbu kacang, biasanya dinikmati bersama dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng. Sebenarnya tidak ada yang spesial dari makanan tradisional ini, karena hampir semua orang mungkin dapat membuatnya, selain itu banyak juga penjual yang menjual lotek, dan hampir semuanya memiliki rasa yang hampir sama.

Lotek sekilas hampir mirip dengan pecel, yaitu jenis makanan dari beberapa sayuran yang sudah direbus kemudian disiram dengan menggunakan sambal dari bumbu kacang. Yang menjadi keunikan dari makanan ini yaitu bahan untuk sambalnya, selain kacang seringkali juga ditambahkan tempe dan bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Dari segi rasa, Lotek ini terasa sedikit lebih manis jika di bandingkan dengan pecel, tetapi bisa juga lebih pedas. Ini karena bumbu lotek yang harus diuleg terlebih dahulu sebelum dicampu dengan sayuran, sehingga konsumen bisa meminta seberapa pedas bumbu lotek yang ia inginkan.

Lotek merupakan makanan yang sarat akan nutrisinya, ini karena kandungan sayuran yang ada di dalam lotek. Dalam satu porsi lotek biasanya ada empat sampai enam jenis sayuran yang ada didalam lotek. Biasanya sayuran yang digunakan adalah bayam, tauge, kangkung, labu siam, mentimun, dan kacang panjang. Jika anda membuat lotek sendiri, anda bisa menambahkan berbagai macam sayuran yang anda gemari. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)