Main-main Bersama Penyu dan Hiu di Karimun Jawa

By on February 27, 2015

Taman Nasional Karimun Jawa memang destinasi yang patut untuk dikunjungi. Apalagi bagi anda yang sudah lelah dengan hiruk pikuk kota besar. Taman Nasional Karimun Jawa cukup untuk menjadi tempat pelepas penat anda di perairan Laut Jawa.

Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini. kebanyakan orang datang ke Karimun Jawa untuk menikmati indahnya kehidupan biota laut tanpa harus menyebrang ke Bali atau terbang ke Bunaken. Makanya jangan heran kalau banyak orang yang berpendapat, bagi anda yang tidak bisa berenang, maka anda tidak bisa menikmati indahnya liburan di Karimun Jawa.

Tak hanya kesenangan saja yang anda bisa dapatkan di Taman Nasional Karimun Jawa lho, ternyata disini juga ada penangkaran Hiu dan Penyu yang ada di Pulau Tengah dan Pulau Menjangan Besar. Jika anda berlibur ke Karimun Jawa menggunakan jasa travel agent, dipastikan dua pulau ini menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi. Dari Pulau Karimun jawa, Pulau Menjangan Besar bisa ditempuh dalam waktu 10 menit, sedang untuk mencapai Pulau Tengah, anda harus menempuh jarak sekitar 1.5 jam perjalanan dengan kapal motor.

Dari semua jenis hiu yang ada, salah satunya adalah Hiu sirip hitam dan Hiu sirip putih. Jenis hiu tersebut menyukai habitat perairan dangkal dan berpasir, bahkan ada juga yang mendiami habitat air payau dan air tawar. Predator pemangsa hewan kecil seperti lobster, udang, ikan kecil, burung dll merupakan hewan yang cukup berbahay bagi manusia, jadi jika anda ingin masuk dalam kolam, pastikan tak ada luka ditubuh anda karena hiu sangat sensitif dengan bau darah.

Disini anda bisa berenang bersama hiu-hiu dan berfoto, bagi anda yang tidak bisa berenang, disini juga menyediakan pelampung untuk melakukan aktivitas dengan hiu-hiu yang ada dikolam, tentu saja dengan pengawasan para petugas penyelamat. Selain terjun langsung berenang bersama hiu, anda bisa menikmati hiu-hiu ini dari atas wisma apung, yaitu penginapan yang ada di Pulau Tengah. Sambil duduk di pinggir bungalow, anda bisa melihat para hiu-hiu berenang dibawah kaki anda sambil menikmati indahya senja. Benar-benar pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk penangkaran Penyu berpusat di Pulau Menjangan Besar dan Kemujan. Jenis penyu yang ada disini adalah penyu jenis penyu hijau dan penyu sisik. Kedua jenis penyu tersebut terbilang langka karena sering diburu oleh manusia untuk diambil telur dan dibunuh untuk dijadikan hiasan. Para bayi-bayi penyu ini setelah menetas diletakan di kolam penangkaran, setelah remaja, barulah penyu-penyu ini dilepas ke alam bebas. Penangkaran penyu di Kemujan telah berhasil menetaskan 1647 butir telur, dan 534 diantaranya telah dilepas ke alam bebas.

Pastikan anda mengunjungi penangkaran penyu dan hiu ini saat anda sedang berlibur di Karimun Jawa. Waktu paling pas untuk mengunjung tempat ini adalah pada bulan April hingga Desember, karena angin dan cuaca cukup bersahabat untuk melakukan penjelajahan Taman Nasional Karimun Jawa. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)