Makanan Penurun Kolestrol Pada Tubuh

By on February 24, 2015

Kolestrol, siapapun yang mendenggar kata ini pasti langsung merasa buruk. Tak mengherankan, karena bagi sebagian orang, kolestrol menjadi kambing hitam yang menyebabkan beberapa penyakit. Tapi tahukah anda, kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh. Namun, jika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi. Maka hal ini dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh.

Dalam keadaan normal, kolestrol berperan penting pada tubuh manusia. Beberapa antaranya adalah sebagai lemak tubuh yang menyusun struktur pada membran sel,  pembentukan vitamin D, serta membentuk asam empedu di usus. Namun jika terjadi kenaika kolestrol jahat dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti serangan jantung dan stroke. Untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, makanan alami bisa menjadi pilihan dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Berikut beberapa makanan yang diyakini bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh:

  1. Bawang Putih, dalam dunia kesehatan, bawang putih memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Selain memiliki senyawa anti biotik yang dibutuhkan tubuh, bawang putih juga sangat efektif membantu menurunkan kadar kolestrl jahat dalam tubuh.
  2. Olahan kedelai. olahan kedelai banyak ditemukan di Indonesia, terutama tahu dan tempe. Selain memiliki kandungan protein tinggi, tahu dan tempe juga berperan dalam menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.
  3. Alpukat, dalam tubuh kita, ada dua jenis kolestrol, yaitu kolestrol baik dan kolestrol jahat. Selain menurunkan kadar kolestrol jahat untuk menjaga kesehatan, kita juga bisa meningkatkan kadar kolestrol baik. Alpukat, buah bertekstur lembut ini merupakan salah satu buah yang bisa meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh.
  1. Delima. Buah bulat merah kecil tersebut ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh khususnya berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.
  2. Kacang-kacangan. kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang tanah, kenari, almond serta edamame. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.