Makanan yang Efektif Mencegah Flu

By on February 23, 2015

Flu atau influenza, meski termasuk dalam penyakit ringan, namun jika tidak diobati juga sangat mengganggu aktifitas. Kondisi cuaca di daerah tropis seperti di Indonesia menjadi salah satu faktor mudahnya virus influenza ini menyebar. Terlebih dengan perubahan cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini. Flu bahkan menjadi penyakit yang normal menjangkiti setiap orang.

Tidak sedikit dari kita yang langsung mengonsumsi obat-obatan kimia saat terkena flu. Meski hal tersebut sah-sah saja, tapi ada baiknya jika kita menghindari mengonsumsi obat kimia. Pencegahan juga menjadi pilihan terbaik untuk terhindar dari flu. Tak perlu suplemen-suplemen yang dijual dipasaran. Anda bisa menemukan hal baik untuk terhindar dari flu melalui makanan-makanan berikut:

  1. Buah-buah yang banyak mengadung vvitamin c seperti jeruk dan jambu. Sejak dulu, vitamin sudah menjadi pilihan utama sebagai peningkat sistem imun tubuh. Sumber vitamin c pun sangat mudah ditemukan. Disarankan untuk selalu menyediakan buah-buahan yang mengandung vitamin c tinggi di meja makan.
  2. Rempah indonesia yang terkenal sebgaai penangkal flu adalah jahe. Bahkan sebelum ada penelitian yang membuktikan jahe baik dikonsumsi saat flu, nenek moyang kita sudah menggunakannya. Orang indonesia memanfaatkan jahe sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Kandungan sesquiterpenes pada jahe berfungs mematikan virus flu yang masuk dalam tubuh.
  3. Tak perlu jauh-jauh ke apotek untuk mencari penangkal flu. Coba saja ke dapur, disitu anda akan menemukan penangkal virus dan bakteri yang sangat ampuh, Bawang Putih. Bawang putih mengandung senyawa antiseptik yang baik bagi tubuh. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari antiseptik ini, salah satunya untuk menangkan virus penyebab flu.
  4. Semua orang tentu sudah mengenal madu sebagai minuman alam yang memiliki sejuta manfaat yang menyehatkan tubuh. Kandungan polifenol serta probiotik dalam madu terbukti ampuh menangkal virus influenza.
  5. Yogurt mengandung bakteri baik yang disebut lactobacillus reuteri yang berfungsi menghambat perkembiakan virus flu.