Masjid Al Falah Jambi, Masjid dengan Seribu Tiang

By on February 27, 2015

Kalau anda berencana untuk mengunjungi Jambi, apalagi anda seorang muslim, pastikan anda memasukan Masjid Seribu Tiang dalam list tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Jambi. Sebenarnya nama asli dari Masjid Seribu Tiang ini adalah Masjid Al Falah yang berarti ‘kemenangan’.

Kenapa masjid ini disebut masjid seribu tiang? Itu karena banyaknya tiang-tiang yang ada di masjid ini. Meskipun jumlah berkisar sekitar 256 tiang, namun saking banyaknya tiang di masjid ini, maka masyarakat pun menyebutnya sebagai masjid seribu tiang. Tak hanya itu, masjid ini juga tidak mempunyai pintu dan dinding. Sehingga konsep masjid ini terkesan seperti open air.

Masjid Seribu Tiang memiliki bangunan seperti pendopo. Dengan luas sekitar 4.600 meter persegi ini, keseluruhan bangunanannya disangga oleh tiang-tiang penyangga. Pada bagian atasnya terdapat sebuah kubah dengan warna yang beragam serta bertuliskan kaligrafi yang terbuat dari kaca. Pada bagian tengah masjid Seribu Tiang, terdapat ukiran kaligrafi yang sangat indah, serta delapan buah tiang penyangga berukuran besar yang berwarna kuning keemasan berhias ukiran cantik.

Masjid Seribu Tiang atau Masjid Al Falah ini berada di pusat kota Jambi, sehingga cukup mudah untuk menemukannya. Terletak di jalan Sultan Thaha no 60, kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Berada di ruas jalan yang sama dengan Pasar Induk Angso Duo, PDAM Tirta Mayang, dan Museum Perjuangan Rakyat Jambi. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)