Memandang Hijau Segarnya Curug Trocoh, Temanggung

By on July 18, 2013

Temanggung juga punya obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, sebuah air terjun atau curug dengan ketinggian 120 meter ini diapit bukit dengan pepohonan hijau rindang mengitarinya. Curug Trocoh yang juga mempunyai nama lain yakni Curug Surodipuro ini punya keistimewaan yaitu 5 terjunan bertingkat yang airnya bersih juga segar. Sedangkan nama Surodipuro diambil dari nama seorang pengikut / panglima Perang Diponegoro yang bernama Kyai Surodipuro yang konon ceritanya dimakamkan di kawasan ini, obyek wisata ini juga merupakan saksi perjuangan Pangeran Diponegoro melawan Belanda di masa lampau.

Trocoh sendiri artinya aliran air, dinamai Trocoh karena selalu mengeluarkan air. Disekitar aliran air terjun ini terdapat bebatuan besar yang bisa digunakan duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang khas panorama alam pedesaan dengan udara sejuk diharapkan bisa membuat anda rileks dan lebih dekat dengan alam, banyak juga pengunjung yang datang untuk bermeditasi, apalagi terdapat goa-goa tak jauh dari lokasi air terjun.

trocoh-3

Lokasinya terletak di desa Tawangsari, kecamatan Wonoboyo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Untuk mencapai kawasan curug terbilang tidak mudah, dari kota kecamatan ke desa Tawangsari saja jarak tempuhnya sekitar 7 km dengan medan berbatu alias tidak mulus, dan untuk mendekati aliran curug anda butuh berjalan kaki sepanjang 3 km dengan menyusuri jalan setapak naik turun daerah perbukitan. Namun, anda akan puas dengan pemandangan yang disuguhkan di depan anda sesampainya di Curug Trocoh, mandi-mandi boleh saja dilakukan, namun baiknya hati-hati dan jangan terlalu dekat dengan aliran air karena jarak yang terlalu tinggi akan menyebabkan sakit bila tetesan air mengenai tubuh atau kepala anda. (Arisca Meir/inloveindonesia.com)(Foto: tanjungyanugroho.blogspot.com; kabtemanggung.com)