Memandangi Cantiknya Sunset Dari Candi Ratu Boko

By on September 26, 2013

Sesuai dengan judul yang tertera diatas, anda akan dibuat terpesona dengan memandang cantiknya sunset dari Candi Ratu Boko ini, sebuah perjalanan wisata sejarah dan budaya yang memukau. Candi Ratu Boko terletak di kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah, tak jauh jaraknya dari pusat kota Jogja, sekitar 17 km di sebelah timur kota Yogayakarta, aksesnya bisa dibilang mudah untuk mencapai area candi yang satu ini, anda hanya tinggal menyusuri Jl. Raya Jogja – Solo, di pertigaan objek wisata Candi Prambanan ambil arah kanan sekitar 3 km kemudian anda sudah sampai, bila anda naik kendaraan umum pun sama mudahnya, sudah tersedia Trans Jogja trayek 1A dan 1B sampai pemberhentiaan halte di terminal Prambanan, lanjutkan perjalanan anda dengan naik jasa ojek yang banyak terdapat di terminal dan siap mengantarkan anda, tarif Trans Jogja Rp. 3000,- saja sedangkan untuk tarif jasa ojek, sesuai hasil negosiasi. Dahulu bangunan Candi Ratu Boko difungsikan sebagai benteng pertahanan, bentuknya lebih mirip istana atau keraton diatas lahan seluas 250.000 m2, terbagi menjadi empat wilayah, yang Tengah terdapat bangunan gapura utama, lapangan, kolam, Paseban, candi Pembakaram, tumpukkan bebatuan kuno, sedangkan bagian tenggara ada balai-balai, pendopo, beberapa bangunan candi, kolam, juga kompleks keputren, lalu di bagian barat terdapat Stupa Budha, kolam-kolam juga kompleks gua, banyak hal yang bisa anda eksplor disini,

xmg_3747-copy

Candi Ratu Boko merupakan objek foto istimewa bagi mereka khususnya pecinta fotografi. Konon komplek Candi Ratu Boko ini dibangun di masa pemerintahan Rakai Panangkaran yang mana dikenal sebagai pengikut Budha, namun ditemukan juga unsur-unsur kebudayaan Hindu di komplek candi ini, hal ini bukti bahwa di masa itu ada toleransi antar umat beragama.

Selain menikmati komplek peninggalan sejarah dengan muatan kebudayaan di masa lalu, Candi Ratu Boko juga menawarkan pemandangan yang super indah dan mempesona,di salah satu bagian candi yang disebut Plaza Andrawina coba menghadap ke arah utara, anda akan disuguhi pemandangan kota Jogja secara luas juga Candi Prambanan degan latar belakang gunung Merapi yang gagah, sungguh mempesona!  Selain itu area ini dijadikan pula sebagai restoran tempat pengunjung melepas lelah dan berwisata kuliner. Pengelola kompleks candi ini juga menyediakan fasilitas bagi anda yang ingin berkemah, trekking, atau ingin melakukan foto pre wedding, jika ingin tur yang bermuatan edukasi juga bisa nanti akan disediakan jasa pemandu untuk mendampingi anda dan rombongan. Jangan lupa untuk engunjungi sumur Amerta Mantana yang punya arti air suci yang telah dimantrai dan dipercaya membawa keberuntungan bagi yang menggunakan airnya, sedangkan umat Hindu menggunakan air dari sumur ini untuk upacara Tawur Agung sehari sebelum Nyepi.

dsc01796

Masuk kompleks Candi Ratu Boko dikenai biaya sebesar Rp. 25.000,-/ orang, parkir mobil hanya Rp. 5000,- saja, untuk pengunjung rombongan ada harga khusus dengan jumlah peserta tertentu. Dan puncak rekreasi anda di komplek ini berujung pada waktu sunset, nikmati keunikan yang pastinya akan jarang sekali anda temui. (Arisca Meir/ensiklopediaindonesia.com) (Foto: iniwisata.com; sendokggula.wordpress.com; liocooper.com)