Membeli Oleh-oleh Sambil Menikmati Proses Produksi Kerajinan Gerabah di Desa Wisata Kasongan

By on September 5, 2013

Berlibur di kota Yogyakarta harus menyempatkan diri mengunjungi Desa Wisata Kasongan yang berada di wilayah Bantul, DIY tepatnya di desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, kalau dari Alun-alun Utara Jogja ke arah Selatan sekitar 6 km jarak yang harus anda tempuh. Kasongan terkenal dengan hasil kerajinan gerabahnya. Mulanya kawasan pedesaan ini merupakan area persawahan di jaman penjajahan Belanda, konon kabarnya dulu ada sebuah kuda mati milik pemerintah Belanda, karena penduduk desa tersebut ketakutan maka mereka melepaskan hak tanahnya, hal ini kemudian membuat banyak tanah persawahan tak berpemilik, seiring berjalannya waktu, penduduk yang tidak punya tanah beralih profesi jadi pengrajin, yang awalnya haya mengepal-epalkan tanah yang tidak pecah ketika disatukansampai akhirnya kini Kasongan menjadi desa wisata penghasil gerabah terkenal.

tumblr_lniug3tJqq1qlga5oo1_500

Tahun 1971-1972 Kasongan mengalami kemajuan pesat, seorang seniman asal Jogja bernama Sapto Hudoyo membantu mengembangkan desa ini menjadi Desa Wisata Kasongan dengan membina sebagian masyarakatnya agar punya sentuhan seni serta nilai komersil pada hasil kerajinan yang dibuatnya, sedangkan keramik Kasongan dikomersilkan dalam skala besar oleh Sahid Keramik sekitar tahun 1980-an. Kerajinan gerabah Kasongan umumnya berupa guci dengan berbagai motif seperti bunga-bunga, merak, dan lain-lain, pot, souvenir seperti asbak, tempat lilin atau wadah sabun, perabotan dan aneka hiasan dinding juga hiasan rumah. Tak jarang hasil kerajinan Kasongan diekspor ke luar negeri seperti ke Eropa dan Amerika. Kebanyakan toko atau kios biasanya sudah menetapkan harga tapi tak sedikit pula toko yang dapat anda tawar semisal datang kembali, harganya pun variatif mulai puluhan hingga ratusan ribu, ada pula yang mencapai angka jutaan. Sepanjang jalan di Desa Wisata Kasongan banyak toko-toko yang menawarkan hasil dari kerajinan tanah liat tersebut, tak perlu terburu-buru, nikmati dan lihat-lihat dulu dengan santai sebelum anda menetapkan pilihan.

Kerajinan patung desa wisata kasongan, tuban - yogyakarta

Yang pasti berlibur ke Desa Wisata Kasongan akan memberikan keasyikkan tersendiri bagi anda. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: agendajogja.com; yogyakarta.panduanwisata.com; oladoo.com)